Laporkan Masalah

Motivasi Wisatawan Mengunjungi Wisata Minat Khusus Banyu Sumilir Outbound Centre Di Komplek Desa Wisata Budaya Srowolan

WAHYU ANGGARANI, Prof. Dr. Marsono, S.U. ; Mohamad Yusuf, M.A. ; Dr. Wiwik Sushartami, M.A.

2015 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Wisata minat khusus adalah produk wisata yang mulai dikembangkan di dalam sebuah desa wisata. Produk wisata minat khusus dapat menjadi wisata alternatif yang cukup digemari. Wisata minat khusus yang dikembangkan dalam sebuah desa wisata biasanya berbentuk sebuah aktivitas atau kegiatan bersama di alam bebas seperti wisata outbound. Salah satu desa wisata yang mengembangkan produk wisata minat khusus tersebut adalah Desa Wisata Budaya Srowolan di Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini menawarkan produk wisata alternatif yaitu wisata outbound. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana karakteristik dan motivasi wisatawan mengunjungi objek wisata minat khusus Banyu Sumilir Outbound Centre di Komplek Desa Wisata Budaya Srowolan. Karakteristik wisatawan tersebut terdiri dari 6 (enam) kategori yaitu usia, jenis kelamin, daerah asal, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, dan pendapatan, sedangkan motivasi wisatawan terdiri dari 5 (lima) jenis motivasi yaitu motivasi iklim dan lingkungan, motivasi relaksasi, motivasi petualangan, motivasi keinginan pribadi dan motivasi pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi pustaka dan survey dengan menyebaran 173 kuesioner kepada responden. Dalam menganalisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif. Penyajian hasil analisis dilakukan dalam bentuk tabel yang kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa karakteristik wisatawan yang mengunjungi wisata minat khusus Banyu Sumilir Outbound Centre di Komplek Desa Wisata Budaya Srowolan didominasi oleh rentang usia 15 - 17 tahun dari kalangan pelajar yang berasal dari DIY, terbanyak berjenis kelamin perempuan dan telah menempuh jenjang perguruan tinggi dengan pendapatan Rp. 0-Rp. 999.000. Motivasi yang dominan mempengaruhi wisatawan dalam melakukan kunjungan di Banyu Sumilir Outbound centre adalah motivasi iklim dan lingkungan serta motivasi petualangan.

A special interest in tourism products to be developed in a rural tourism.Interest in tourism products in particular will become an alternative which is quite popular.Developed by a special interest in a village in tourism activity is a form of joint activities in the free, or as its outbound. One tourist village who develop the tourist product these special interest is a village cultural tourism srowolan in purwobinangun, pakem, sleman, yogyakarta.Tourist village it offers alternative tourist product namely tourism outbound.The purpose of this research is to know how the characteristics and motivation tourists visit tourist objects special interest banyu sumilir outbound centre complex in tourist village culture srowolan. Characteristic of tourists are consisting of 6 (six) a category of the age, sex, place of origin, last education, the kind of work, and income, meanwhile, the motivation tourists consisting of 5 (five) a kind of motivation that is motivation climate and environment, motivation relaxation, motivation adventure, desire of personal motivation and motivation of education. This study was conducted for 3 months and data collection method done by means of interview, observation, the literature study and survey with distribute the questionnaire to the 173 respondents.

Kata Kunci : Tourism special-interest, Srowolan Tourism Cultural Village, Banyu Sumilir Outbound Centre, Motivation of tourists, characteristics of tourists

  1. S1-2015-356745-abstract.pdf  
  2. S1-2015-356745-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-356745-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-356745-title.pdf