Laporkan Masalah

PERBEDAAN PENGARUH ANTARA PENYULUHAN DENGAN METODE MEMBACA KOMIK DAN METODE CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA 9-10 TAHUN

MISKI NABILA FASYA, drg.Sri Kuswandari, M.S.,Sp.KGA(K),Ph.D; drg. Putri Kusuma W.M., M.Kes., Sp.KGA(K)

2015 | Skripsi | S1 PENDIDIKAN DOKTER GIGI

Peningkatan kesadaran kesehatan gigi dan mulut anak dapat diupayakan melalui penyuluhan yang umumnya dilakukan dengan metode ceramah. Membaca komik menyenangkan untuk anak dan dapat menjadi metode penyuluhan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara penyuluhan dengan metode membaca komik dan metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 9-10 tahun. Penelitian eksperimental semu dengan Pretest-Postest Group Design dilakukan pada 60 subjek siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nur Al Hijrah, MI Layyina dan MI Cahaya yang berusia 9-10 tahun. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok 1 yang menerima penyuluhan dengan metode membaca komik dan kelompok 2 dengan metode ceramah. Tingkat pengetahuan subjek diukur menggunakan kuisioner terdiri dari 15 pertanyaan yang disesuaikan dengan Flipchart Penyuluhan Pepsodent untuk Anak Kelas 3-4 SD. Peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut yang merupakan selisih antara data hasil pengisian kuisioner sesudah dan sebelum penyuluhan kedua kelompok dianalisis dengan uji Mann Whitney. Data pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan sesudah penyuluhan setiap kelompok dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut yang bermakna antara kelompok penyuluhan dengan metode membaca komik dan metode ceramah (p>0,05), dan terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat pengetahuan subjek sebelum dan sesudah penyuluhan menggunakan metode membaca komik maupun ceramah (p<0,05). Disimpulkan bahwa peningkatan kesehatan gigi dan mulut anak usia 9-10 tahun antara penyuluhan menggunakan metode ceramah dan metode membaca komik tidak ada perbedaan.

Improving children awareness of oral health can be achieved through education that generally done by the lecture method. Reading comics is amusing for children and can be an effective educational methods. The purpose of this study was to determine differences in improvement of oral health knowledge among education by the method of reading comics and lecture method in children 9-10 years old. This quasi-experimental research with Pretest-Posttest Group Design was done to 60 students of fourth grade Islamic Elementary School (MI) Nur Al Hijrah, MI Cahaya and MI Layyina whose 9-10 years old. Subject divided into two groups which the first group received education through the method of reading comics and second group through the lecture method. Oral health knowledge of subject was measured by questionnaire which contains 15 questions that based on Educational Flipchart of Pepsodent for third and fourth grade student of elementary school. Knowledge improvement which was difference among data of filled questionnaire before and after education of both groups were analyzed by the Mann Whitney test. Data of oral health knowledge improvement amongbefore and after education of every group was analyzed by Mann-Whitney test. The result showed that there was no significant difference in improvement of oral health knowledge between the method of reading comics group and lectures method group (p>0,05), and there was a significant difference between the knowledge level of the subject before and after education through method of reading comics and the lecture method (p<0,05). It was concluded that there was no difference of improvement of oral health knowledge between children 9-10 years old whose received education through reading comics and the lecture method.

Kata Kunci : penyuluhan kesehatan gigi, ceramah, membaca komik, dental health education, lecture, reading comics