Laporkan Masalah

KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS MAHASISWA DITINJAU DARI STRES

PRAMUDITA TRIASWARI, Muhana Sofiati Utami

2014 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara stres dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 165 mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara stres dengan kesejahteraan psikologis mahasiswa. Semakin tinggi stres maka semakin rendah kesejahteraan psikologis mahasiswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah stres maka semakin tinggi kesejahteraan psikologis mahasiswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala Kesejahteraan Psikologis dan Skala Stres. Skala Kesejahteraan Psikologis disusun oleh peneliti dengan mengacu pada teori kesejahteraan psikologis dari Ryff dan mengadaptasi beberapa aitem dari skala yang disusun oleh Ryff, sementara itu Skala Stres yang digunakan disusun oleh peneliti mengacu pada teori Crider dkk, dan mengadaptasi beberapa aitem dari skala yang disusun oleh Kholidah dan Erniyati. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik Product-Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara stres dengan kesejahteraan psikologis mahasiswa (r = 0,639; p<0,001). Semakin tinggi stres maka semakin rendah kesejahteraan psikologis, begitu pula sebaliknya yaitu semakin rendah stres maka semakin tinggi kesejahteraan psikologis mahasiswa.

The aim of this study was to examine the correlation between stress and college student's psychological well being. Subjects of this study were 165 college student of psychology faculty in Gadjah Mada university. Hypothesis of this study was that there is a significant negative correlation between stress and college student's psychological well-being. The higher the stress, the lower the psychological well being of college student. In the opposite, the lower the stress, the higher the psychological well-being. Two inventories were used in this study, Psychological Well-Being Scale and Stress Scale. The Psychological Well-Being Scale was compiled by researcher refers to Ryff's psychological well-being theory and adapts some items from Ryff's original scale, and the stress scale was compiled by researcher refers to Stress theory by Crider et. al and adapted some items from previous researcher's scale Nur and Erniyati. Product-Moment from Pearson was used for data analysis, and the result showed that there is a strong negative correlation between stress and psychological well-being of college student (r = 0,639; p<0,001). The higher the stress, the lower the psychological well being. In the opposite, the lower the stress, the higher psychological well-being.

Kata Kunci : stres, kesejahteraan psikologis, mahasiswa


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.