Laporkan Masalah

ANAK MUDA DAN BUDAYA BELANJA ONLINE (Studi tentang Perilaku Collective Group Buying di Mbakdiskon.com pada Kalangan Anak Muda Yogyakarta)

KHALIDA NOOR, Nurul Aini S.Sos, M.Phil.

2013 | Skripsi | Sosiologi

pembelian suatu barang atau jasa secara online yang melibatkan partisipasi kolektif seseorang dalam mempengaruhi tindakan orang lain melalui media baru untuk mencapai kesepakatan membeli secara berkelompok. Konsep collective group buying ini diterapkan oleh mbakdiskon.com yang dikelola oleh sekelompok anak muda dalam ranah pergaulannya mampu menembus batas-batas digital dalam mengasosiakan perubahan. Namun disisi lain mendorong anak muda masuk ke dalam dimensi konsumsi dan berdampak pada ekses negatif arus globalisasi, seperti konsumerisme dan hedonisme. Dalam konteks ini ditemukan beberapa pertanyaan penelitian ini yang berjudul “Anak Muda dan Budaya Belanja Online (studi tentang Perilaku Collective Group Buying di Mbakdiskon.com pada Kalangan Anak Muda Yogyakarta)”, yakni Pertama, Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku shopping online secara collective group buying pada kalangan anak muda Yogyakarta. Kedua, Deskripsi pola perilaku konsumsi voucher mbakdiskon.com pada kalangan anak muda Yogyakarta. Ketiga, Pemetaan relasi sosial anak muda terhadap proses terwujudnya collective group buying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan jumlah informan 9 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi langsung melalui media online, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku belanja online secara collective group buying pada kalangan anak muda Yogyakarta adalah kemampuan finansial, selera, eksistensi diri, kelompok teman sebaya dan iklan. Kedua, collective group buying sebagai bentuk perilaku konformis anak muda dalam mengkonsumsi voucher diskon shopping online melalui metode word of mouth baik secara langsung maupun jejaring sosial, yang akan menimbulkan budaya latah pada kalangan anak muda Yogyakarta. Ketiga, Pola relasi anak muda yang terjalin di dunia nyata (offline) dan maya (online) sebagai pendukung terwujudnya collective group buying. Collective group buying di mbakdiskon.com adalah ide anak muda untuk masa depan anak muda. Maksudnya ide ini dibangun, diasosiasikan, digerakkan dan yang berpartisipasi melakukannya adalah anak muda, yang telah melahirkan tradisi maupun budaya baru colective group buying sebagai masa depan anak muda. Dengan ini menekankan bahwa anak muda tidak hanya sebatas menjadi inisiator tetapi juga eksekutor yang telah menciptakan perubahan cara berbelanja dalam kelompok sosialnya sendiri, dan hal inilah yang membedakan collective group buying di mbakdiskon.com dengan di tempat lain yang bukan dikelola oleh sekelompok anak muda.

-

Kata Kunci : anak muda, collective group buying di mbakdiskon.com, word of mouth, perilaku konformis, pola relasi offline dan online.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.