Laporkan Masalah

The Roles of American Values in Creating Differences among Three Film Adaptations of Herman Melville’s Moby Dick: A Literary Transformation Study

AHMAD BURHANUDDIN, Prof. Siti Chamamah Soeratno,

2013 | Tesis | S2 Pengkajian Amerika

Tesis ini membandingkan tiga film adaptasi dari novel Moby Dick karya Herman Melville. Penelitian ini dilaksanakan dalam kerangka sastra dan secara khusus di bawah transformasi sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami aspek-aspek yang terkait dalam transformasi sastra dari novel ke film, untuk mencari perbedaan antara ketiga film, dan melihat pengaruh masyarakat Amerika terhadap film-film tersebut. Penelitian dilakukan dengan membandingkan tiga film berjudul Moby Dick (1956), Moby Dick (1998), dan Moby Dick (2010) dilanjutkan dengan menghubungkannya dengan novel dalam hal alur, karakter dan dialog. Analisis dilakukan dengan membandingkan adegan-adegan dan karakter-karakter yang paralel antara novel dan ketiga film tersebut. Perbedaan-perbedaan ini kemudian dihubungkan dengan keadaan masyarakat Amerika untuk mencari pengaruh tersebut. Dalam kaitannya dengan novel, di antara ketiga film, film A dan B, yang berturut-turut diproduksi pada tahun 1956 dan 1998, keduanya serupa. Keduanya setia terhadap novelnya dalam hal alur, karakter dan dialog. Meskipun demikian, beberapa adegan ditampilkan dengan urutan yang berbeda sehingga berbeda dari novelnya. Di antara keduanya juga terdapat beberapa perbedaan seperti penghilangan sejumlah karakter. Berbeda dengan kedua film yang lain, film C yang diproduksi pada tahun 2010 sangatlah berbeda dari novelnya. Alur dan latar cerita telah benarbenar dirubah. Perbedaan yang paling menarik adalah di film ini karakter utamanya adalah perempuan, yang mana sangat berbeda baik dari novelnya maupun kedua film yang lain. Terkait dengan pergeseran nilai-nilai masyarakat Amerika dalam ketiga film tersebut, analisis menghasilkan beberapa penemuan. Ketiga film tersebut dalam beberapa hal serupa, namun di beberapa hal lain berbeda. Perbedaan tersebut dipicu oleh nilai-nilai masyarakat, dalam hal ini masyarakat Amerika. seperti nilai keagamaan yang menjadi tidak terlalu eksplisit, isu homoseksual yang semakin sensitive, dan semangat mencapai kejayaan yang semakin meningkat. Disamping itu, semangat salad bowl yang telah berubah menjadi melting pot membuat film C berbeda dari dua film yang lainnya dimana semua karakter, terlepas dari latar belakang etnis mereka yang berbeda-beda, hampir tidak ada ciri-ciri keetnisan yang nampak di film tersebut. Film C juga merupakan salah satu bukti bahwa semangat liberalism dan kapitalisme telah mempengaruhi pembuat film untuk membuat film adaptasi yang relative bebas,dengan dana yang tidak terlalu besar.

This thesis compares three film adaptations of Herman Melville’s Moby Dick. The study is conducted within the framework of literature and particularly under the scope of literary transformation. The objective of this paper is to understand aspects involved in the literary transformation from the novel into film, to find out the differences among the three film adaptations, and to see the shift of American taste in the three films The research is done by comparing three films entitled Moby Dick (1956), Moby Dick (1998), and Moby Dick (2010) and relating them with the novel in terms of the plot, characters, and dialogue. The analysis is undergone by comparing the parallel scenes and characters in the novel and in the three films. The differences are then related with the American society to find out the shift. In relation with the novel, among the three films, film A and B, which are produced in 1956 and 1998 respectively, are similar. Both of them are faithful in terms of plot, characters and dialogue. However, some scenes are put in different order in the two films so that it is different from the novel. Between the two films there are also some differences such as the omission of certain characters. Unlike the other two, film C which is produced in 2010 is very different from the novel. The plot and the setting are entirely modified. In regards to the American values in the three films, the analysis results in several findings. The films are in some ways similar but in other ways are different. The differences are in terms of the plot, the depiction of the characters, and the visualization. These differences are triggered by several values of the society, in this case are the American values such as religiosity that has become less explicit, the issue of homosexuality that has become more sensitive, and the spirit of individual achievement that has increased. Also, the spirit of salad bowl which has changed into melting pot makes film C different from the other two films in which all characters, despite their different ethnical background, there are almost no certain ethnical attributes or acts. The last but not least, this version also shows that the liberalism spirit to achieve success in economic has influenced the filmmaker to create a “free” low-budget film adaptation.

Kata Kunci : novel, film, transformasi sastra, teori resepsi,nilai, peran


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.