Laporkan Masalah

EVALUASI E-LEARNING ELISA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Rozzi Kesuma Dinata, Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D.

2012 | Tesis | S2 Mag.Tekn.Informasi

e-Learning menjadi sebuah keniscayaan pada perguruan tinggi saat ini, hal ini karena e-Learning dapat mempermudah akses seorang mahasiswa dalam berinteraksi dengan kampusnya. Selain itu e-learning akan meningkatkan daya saing perguruan tinggi tersebut. Untuk mengoptimalkan sistem e-Learning, maka harus dilakukan penelitian dengan cara mengevaluasi penggunaan sistem dari e-learning tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi penggunaan sistem e-Learning eLisa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) yang diperkenalkan oleh Davis, dan untuk mengolah data survei tersebut menggunakan software Partial Least Square (PLS) untuk mengukur persepsi pengguna terhadap e-Learning eLisa apakah berjalan sesuai fungsinya. Data yang diperoleh merupakn data primer dengan menggunakan kuesioner kepada dosen pengguna eLisa yang aktif menggunakan e-Learning ini, yang terdiri dari beberapa fakultas dan jurusan. Variabel-variabel yang digunakan adalah persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan atau manfaat, sikap menggunakan teknologi, minat menggunakan teknologi dan penggunaan teknologi sesungguhnya. Hasil survei menunjukkan bahwa pengguna eLisa khususnya dosen belum sepenuhnya digunakan atau memanfaatkan e-Learning ini sebagai media pembelajaran online. Faktor yang mengahambat terhadap pemanfaatan ini adalah faktor kegunaan atau manfaat, pengguna belum benar-benar merasakan atau memanfaatkan e-Learning ini secara maksimal, sehingga berdampak pada kurangnya nilai penggunaan sesungguhnya eLisa sebagai media pembelajaran online.

Nowadays, e-Learning becomes a necessity in every university, because it can help the access of a scholar in making an interaction to his university. Beside, it will increase the competitiveness of the university. In optimizing e-Learning system, the research must be done by evaluating its use. This research was proposed to evaluate the use of eLisa e-Learning system Gajah Mada University by using Technology Acceptance Model (TAM) which was introduced by David, and to process the data, the survey used software Partial Least Square (PLS) to measure the user‟s perception towards eLisa e-Learning whether it runs based on its function or not. The data which had been obtained was the primary data by using the questionnaires to the lecturers who used eLisa e-Learning actively, that consisted of some faculties and departments. The variables were the perceived easy, perceived benefit, attitude and interest toward using the technology, and actual use of technology. The survey result showed that the eLisa users, especially the lecturers have not yet used or utilized this e-Learning as an online learning media. The inhibiting factor in utilizing it was the usability one, in which the users have not really felt or utilized this e-Learning maximum, so there was an impact on the lack of value of eLisa actual use as an online learning media.

Kata Kunci : e-Learning, eLisa, TAM


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.