Laporkan Masalah

PELATIHAN APPRECIATIVE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI WIRANIAGA DALAM MELAKUKAN TUGAS PENJUALAN

Nenylala BR Sitepu, Rahmat Hidayat, S.Pi., MSc., Ph.D

2012 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan appreciative inquiry terhadap efikasi diri pada wiraniaga dalam melakukan tugas penjualan. Efikasi diri sangat penting bagi wiraniaga karena efikasi merupakan kekuatan dalam diri seseorang untuk menyelesaikan tugas dikarenakan merasa yakin akan kemampuan dirinya sendiri menyelesaikan tugas tersebut. Subjek penelitian berjumlah 36 orang wiraniaga, yang terbagi atas 18 orang sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan pelatihan appreciative inquiry dan 18 orang sebagai kelompok kontrol (waiting-list). Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment, dengan desain the untreated control group design with pretest-posttest. Seluruh partisipan baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol mengisi kuesioner efikasi diri pra dan pasca pelatihan appreciative inquiry. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul pelatihan pelatihan appreciative inquiry, skala efikasi diri, lembar observasi peserta, lembar evaluasi pelatihan, diskusi kelompok terarah, dan wawancara pasca pelatihan. Hasil analisis dengan anava campuran menunjukkan bahwa pelatihan appreciative inquiry secara signifikan dapat meningkatkan efikasi diri wiraniaga dalam melakukan tugas penjualan (p<0,01, F=218,087).

The aim of this research is to know the influence of appreciative inquiry training in self efficacy for salesperson at their selling project. Self efficacy is very important for the salesperson for the inner power to complete the task because it makes they believe to them self be able to complete that task. Research subject consist of 36 salesperson, which separate by 18 at experiment group who get the appreciative inquiry trainning and 18 at control group (waiting-list). The design of this research is quasi experiment, with the untreated control group design with pretest-posttest. Every participant from the experiment and control group fill the self efficacy before and after they receive appreaciative inquiry response. The tools used in this research is appreciative inquiry training module, self-efficacy scale, observation sheet in the training, check the manipulation by focus group discussion and training evaluation sheets. The level of self-efficacy on salesperson is measured by using a scale of self-efficacy. Anova mixed results, with suggests that appreciative inquiry training can significantly improve self-efficacy on salesperson (p < 0.01, F = 218,087).

Kata Kunci : appreciative inquiry, efikasi diri, wiraniaga.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.