Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI BERSAING PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK., DALAM MEMBERIKAN KREDIT KEPADA UNIT MIKRO, KECIL DAN MENENGAH

Elke Florence Getsy Meliala, Dr. Bambang Riyanto, LS., MBA.,

2012 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Strategi perusahaan adalah rencana yang digunakan pihak manajemen perusahaan untuk mengetahui posisi pasar dari perusahaan, menjalankan operasional perusahaan, menarik dan menyenangkan customer, bersaing secara sukses dan meraih tujuan-tujuan perusahaan. Strategi memerlukan pilihan perusahaan di antara beberapa alternatif dan menunjukkan komitmen dari organisasi untuk pasar tertentu, pendekatan-pendekatan untuk bersaing dan cara menjalankan perusahaan. Salah satu tujuan strategi adalah memberikan pedoman yang lebih baik kepada seluruh anggota organisasi atau perusahaan agar lebih waspada terhadap perubahan lingkungan dan kondisi persaingan yang sedang berlangsung. Manajemen perusahaan harus membentuk strategi bersaing untuk menguasai pasar dan membentuk keunggulan bersaingnya. Tesis ini fokus dalam menjelaskan industri perbankan, khususnya dalam program pemberian kredit kepada unit mikro, kecil dan menengah (UMKM). Saat ini pertumbuhan pemberian kredit kepada UMKM didukung banyaknya peluang, seperti UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran yang strategis dan penting dan menjadi pilar ekonomi nasional. UMKM terbukti tangguh, tidak ikut jatuh seperti sebagian besar industri yang mendapat pengaruh besar dari krisis ekonomi. Akibat dari ketangguhan UMKM ini, industri perbankan mengubah strateginya dengan merubah pola pemberian kredit perbankan menjadi lebih banyak memberikan kredit di sektor UMKM dibanding di sektor korporasi. Hal inipun terjadi di PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., (BNI). BNI mencoba untuk meningkatkan pemberian kredit di sektor UMKM karena laba yang diperoleh dengan pemberian kredit unit ini lebih maksimal, di samping itu resiko pemberian kredit di sektor ini minimal. Namun demikian, hasil dari merubah strategi tersebut belum menunjukkan hasil yang memuaskan, dimana pertumbuhan pemberian kredit BNI kepada UMKM masih di bawah rata-rata pertumbuhan industri perbankan. Tujuan riset ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal BNI yang memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan kredit BNI dan mencoba menemukan strategi-strategi alternatif yang sesuai dan terakhir adalah untuk mengusulkan strategi terbaik yang dapat diambil dalam memberikan kredit kepada UMKM. Alat-alat analisa yang digunakan adalah Karakteristik Industri, Porter’s Five Forces Model, Driving Forces dan Key Success Factors. Penelitian ini memberikan hasil bahwa untuk memenangkan persaingan, BNI dengan unit bisnis Divisi Usaha Kecil (Divisi USK) harus menggunakan beberapa strategi yakni strategi produk, strategi harga, proses dan merubah struktur organisasi perusahaan.

A company strategy is the plan of management is using to stake out a market position, conduct its operations, attract and please customers, compete successfully, and achieve organizational objectives. A strategy thus entails managerial choices among alternatives and signal organizational commitment to specific markets, competitive approaches, and ways of operating. One of objectives of strategy is providing better guidance to the entire organization members more alert to environmental changes and the competition situation. The management should compose their competitive strategy for consolidating the market and crafting their core competences. These thesis focuses on describing banking industry, specially preferred on micro, small and medium enterprise (MSME) lending program. Now a days, the growth of MSME lending program by several opportunities such as the MSME in national economy have an important and strategic roles and become the pillars of national economy. MSME has proven tough , although the economic crisis still affecting the whole industry. The result is, banking industry try to change their strategy by choosing the MSME as the bigger portfolio than the corporate portfolio. It also happened at PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., (BNI). BNI tried to increase the share in giving lending to this sector because the profit of lending in this sector is maximize but the risk is minimize. Eventhough BNI has tried to make strategy, but if it compared to banking industry, the growth is still under the expectation. This research objectives are to identified external and internal factors which has positive influence regarding the bank, and try to find the fit alternatives strategies, and the last is to propose the best strategy to be choose by BNI for considering the execute the opportunities in giving lending to MSME. The research instrument to be used are Industry Characteristics, Porter’s Five Forces Model, Driving Forces and Key Success Factors. The research resulting that to compete successfully, BNI with it’s strategic business unit Divisi USK should execute some strategies that are strategy of product, strategy pricing, process and reengineering the organizational structure.

Kata Kunci : strategi bersaing, industri perbankan, program pemberian kredit kepada UMKM, SBU Divisi USK, memenangkan persaingan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.