Laporkan Masalah

FILM SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN TERHADAP CITRA DESTINASI PARIWISATA Studi Kasus: Film Laskar Pelangi di Pulau Belitung

Ruth Dewi Utami, Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch., Ph.D.

2011 | Tesis | S2 Mag.Arsitektur Pariwisata

Penelitian ini dilakukan terhadap pembentukan citra destinasi yang digunakan sebagai lokasi pembuatan film. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi citra yang terbentuk melalui film dan pemasaran destinasi yang dapat berpengaruh terhadap pengembangan destinasi sebagai tujuan wisata. Temuan-temuan yang dihasilkan yaitu: (1) Film sangat berpengaruh terhadap pembentukan citra destinasi pulau Belitung, (2) Faktor permintaan destinasi sebagai lokasi pembuatan film sangat tinggi namun belum didukung oleh faktor penyediaan destinasi sebagai tujuan wisata yang dipengaruhi oleh film (film-induced tourism). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Film Laskar Pelangi secara kuat membentuk citra destinasi yang yang positif dan menarik untuk dikunjungi melalui gambaran pemandangan pantai yang indah dan tema cerita yang kuat, (2) Pemasaran destinasi sebagai tujuan wisata perlu mengoptimalkan citra destinasi yang telah terbentuk melalui film Laskar Pelangi, baik melalui program pemasaran di luar destinasi maupun penyediaan fasilitas pendukung kegiatan wisata (film) di lokasi.

The research was conducted on destination image formation is used as a location for filming. The purpose of this study is to identify the image formed through the film and the marketing of destinations that can affect the developing destinations as a tourist destination. The resulting findings are: (1) Movies are very influential on Belitung island destination image formation, (2) Factor demand destinations as the location for filming is very high but not yet supported by supply factors destinations as a tourist destination is influenced by the film (film-induced tourism). From the analysis it can be concluded that: (1) Film Laskar Pelangi firmly establish a positive image of destinations and interesting place to visit through the image of the beautiful coastal scenery and a strong theme of the story, (2) Marketing destinations as a tourist destination need to optimize image that have been formed through the film Laskar Pelangi, either through marketing programs and destinations beyond the provision of facilities supporting film tourism activities at the site.

Kata Kunci : film, pariwisata, citra destinasi, pemasaran destinasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.