Laporkan Masalah

Analisis strategi penghimpunan wakaf uang tunai :: Studi kasus Badan wakaf uang tunai Majelis Ulama Indonesia Yogyakarta

FARADIS, Jauhar, Prof. Dr. Lincolin Arsyad, M.Sc

2010 | Tesis |

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman masyarakat terhadap wakaf tunai dan besarnya potensi wakaf tunai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi BWU-T MUI DIY, mengetahui preferensi wakif terhadap produk penghimpunan wakaf tunai dan mengenalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi wakif terhadap produk wakaf uang-tunai Metode yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini, adalah model analisis SWOT, distribusi frekuensi dan analisis faktor. Penelitian ini dilakukan di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi: Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Kulonprogo, Kab. Bantul dan Kab. Gunung Kidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Strategi penghimpunan wkaf uang-tunai yang dilakukan di BWU-T MUI DIY adalah metode “menunggu bola” dan metode “menjemput bola”. Kedua, preferensi masyarakat akan produk wakaf uang-tunai adalah produk wakaf uang-tunai yang tetap (abadi). Ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi wakif terhadap produk wakaf uang-tunai adalah: faktor perilaku wakif, faktor komplain, faktor kegiatan produktif, faktor kekayaan, faktor karakteristik produk, faktor religiusitas dan faktor kedermawanan.

This research is based on the lackness of societie’s understanding toward cash wakf and its big chance. The purpose of this research is to analyze the recent condition of Money-Cash Wakf Board at Indonesion Religious Affair (MUI) Yogyakarta, to know the preference of Wakif (the giver of wakf) toward the product of money-cash wakf accumulation and to understand the factors causing wakf preference toward the product of money-cash wakf,. The method of this research is SWOT analysis, frequency distribution and factors analysis, and is applied in the Province of Yogyakarta include: Yogyakarta City, Sleman, Kulonprogo, Bantul and Gunung Kidul Regency. The results of this research are firstly, the strategy which is used to accumulate cash-money wakf which applied at Money-Cash Wakf Board at Indonesion Religious Affair (MUI) Yogyakarta is “waiting” the ball and “Calling For” the ball, secondly, the societies’ preference toward product of money-cash wakf is an eternal product cash-money wakf, Thirdly, the determinants of Wakif preferencies toward Money-Cash Wakf are: wakif’s attitude factor, complain factor, productive action factor, equity factor, product characteristic factor, and religiousity factor as well as generosity factor.

Kata Kunci : Wakaf uang,Analisis faktor,Preferensi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.