Laporkan Masalah

Menghafal Al-Quran itu mudah menjaganya yang sulit :: Dinamika regulasi diri pada remaja penghafal Al-Quran

CHAIRANI, Lisya, Subandi, Ph.D

2009 | Tesis | S2 Magister Sains Psikologi

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dinamika regulasi diri pada remaja penghafal Al-Qur’an. Regulasi diri pada remaja penghafal Al-Qur’an merupakan upaya untuk melakukan penjagaan terhadap hafalan yang telah dikuasai baik secara kuantitas maupun kualitas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis.Responden pada penelitian ini adalah delapan orang remaja penghafal Al-Qur’an yang dibagi dalam dua kelompok yaitu enam orang penghafal Al-Qur’an yang masih istiqomah (konsisten) dan dua orang penghafal Al-Qur’an yang telah memutuskan untuk berhenti menghafal. Hasil wawancara mendalam menunjukkan bahwa regulasi diri pada remaja penghafal Al-Qur’an dipengaruhi oleh niat, tujuan, motivasi, ketersediaan sumber dukungan, proses penjagaan dan pemaknaan pada proses menghafal Al-Qur’an.Penelitian ini selanjutnya menemukan bahwa dinamika regulasi diri pada remaja penghafal Al-Qur’an terbagi menjadi tiga yaitu: (a) regulasi diri intrapersonal yang meliputi dinamika pemeliharaan dan pencapaian tujuan,dinamika aspek-aspek motivasional dan dinamika regulasi afeksi, (b) regulasi diri interpersonal yang meliputi dinamika regulasi pada hubungan teman sebaya,keluarga, guru/pembimbing dan sesama manusia melalui dakwah, (c) regulasi diri metapersonal atau transendental yaitu regulasi diri yang berhubungan dengan Sang Pencipta. Pada regulasi diri metapersonal responden dapat merasakan adanya kehadiran dan kekuatan Tuhan dalam upaya meregulasi diri.

The purpose of this study is to understand the dynamic of self regulation among adolescents who memorize Qur’an. Self regulation in this context means striving to maintain memorizing which has been mastered either in amount and also quality.The research applies a phenomemological approach. Participants in this study are eight adolescents which are divided into two groups. Six participants are adolescents who continues memorizing and the other two participants has set mind to desist memorizes. Result of in-depth interview indicates that self regulation among adolescent who memorize Qur’an are influenced by niat (intention), goal, motivation, availibility of support, custody process and embaracing the meaning along the process.This study found that the dynamic of self regulation among adolescents who memorize Qur’an consists of three kinds of self regulation : (a) intrapersonal self regulation, involves keeping and attaining goal, the dynamics of motivational aspects and affective self regulation, (b) interpersonal self regulation covering the dynamic relationship between peers, family, teacher or the entire human through dakwaa, (c) metapersonal or transcendental regulation is a regulation related to God. Participants can feel the existence and presence of God strength in the effort of self regulation.

Kata Kunci : Menghafal Al,Quran,Regulasi diri intrapersonal,Regulasi diri interpersonal,Regulasi diri metapersonal,transendental


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.