Laporkan Masalah

Analisis strategi bersaing PT ACA dalam industri asuransi kerugian di Indonesia

ANDRYE, Fahmi Radhi, Dr. ,MBA

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Terdapat tiga tujuan penelitian dalam karya akhir ini yaitu, pertama untuk mengevaluasi strategi bisnis yang digunakan PT Asuransi Central Asia (ACA), apakah efektif diterapkan dalam menghadapi persaingan industri asuransi kerugian/umum. Kedua, menganalisis kekuatan dan kelemahan, serta ancaman dan peluang yang dihadapi dan dimiliki oleh ACA. Ketiga, menganalisis Key Succes Factor ACA dalam mengimplementasikan strategi bisnis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, bersifat studi kasus pada PT Asuransi Central Asia dengan menggunakan alat analisis Five Forces Model, SWOT Analysis dan Key Success Factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum ACA telah memiliki strategi bisnis yang baik akan tetapi belum optimal dalam mencapai pertumbuhan dan penguasaan pasar. Berdasarkan hasil analisa SWOT, faktor-faktor yang menjadi kekuatan ACA antara lain adalah produk asuransi yang baik, fasilitas saluran distribusi, kondisi kekuatan kesehatan keuangan, kekuatan merek korporasi serta kekuatan teknologi informasi. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan pada saat ini adalah kelemahan merek tiap produk, struktur harga, promosi, teknologi informasi dalam hal potofolio nasabah, serta intelijen bisnis. Faktor-faktor yang menjadi peluang bagi ACA adalah peraturan pemerintah, penetrasi pasar yang masih rendah, ketentuan perlindungan tenaga kerja, alam dan bencana di Indonesia, serta micro insurance. Sedangkan faktor-faktor yang menjadi ancaman adalah adanya General Agreement on Trade and Service (GATS), sumber daya tenaga ahli asuransi serta alokasi pengeluaran masyarakat untuk asuransi yang masih rendah. Key Succes Factor yang dimiliki ACA adalah keuangan yang kuat untuk mendukung pertumbuhan usaha secara berkesinambungan, produk yangbaik sesuai kebutuhan konsumen, serta pelayanan nasabah yang prima sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa untuk dapat bersaing di industri asuransi

There are three aim of the research in this thesis, first to evaluate the implemented strategy of PT Asuransi Central Asia, is the business strategy still effective to envisage competition in general insurance industry. Second, to evaluate strengths and weaknesses, threat and opportunities faced by ACA. Third, to analyze ACA’s Key Success Factor implementation in business strategy. This is a descriptive research that uses PT Asuransi Cental Asia as its case study with Five Forces Model, SWOT Analysis and Key Success Factor as its instrument of analysis. The research result shows that PT Asuransi Central Asia has generally planned its business strategy well but still not optimal to achieve growth and domination in market share. Based on SWOT analysis, ACA’s strenght factor are good insurance product, distribution channel facility, good financial condition, strenght of corporate brand, and information technology. Weaknesses factors are weaknesses brand of each product, pricing structure, promotion, information technology in customer portfolio and business intellegent. Opportunities factors are government regulation, low market penetration, employment protection provisions, natural disasters in Indonesia and micro insurance. Threat factors are General Agreement on Trade and Service (GATS), insurance expert resources and alocation of public expenditure in insurance is still low. ACA’s Key Succes Factor are a strong financial condition to support sustainable growth in business, products that suit the needs of consumers and good customer service for companies engage in services industry that can compete in the insurance industry.

Kata Kunci : Strategi bisnis,Pangsa pasar,Pemimpin pasar,Key success factor, Business Strategy, Market Share, Market Leader, Key Success Factor


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.