Laporkan Masalah

Faktor-faktor yang mempengaruhui berbagai pengetahuan :: Menguji pengaruh imbalan eksternal, iklim organisasi, tekanan psikologi sosisl dan keragaman media

KARTIKA, Dr. Sony Warsono, MAFIS

2008 | Tesis | S2 Magister Akuntansi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat seseorang untuk berbagi pengetahuan. Penelitian ini menggunakan rerangka teori tindakan yang beralasan (theory of reasoned action) untuk menguji pengaruh imbalan eksternal (extrinsic rewards), iklim organisasi (organization climate), tekanan psikologi sosial (social psychological forces) dan keragaman media (channel richness) terhadap niat seseorang untuk berbagi pengetahuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen yang ada di kota Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara langsung. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji beda rata-rata dan PLS (Partial Least Squares) versi 2.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan nyata antara persepsi mahasiswa dan dosen mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk berbagi pengetahuan. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa keragaman media dan iklim organisasi merupakan faktor penentu dominan pada sikap seseorang untuk berbagi pengetahuan (attitude toward knowledge sharing) dan norma subjektif (subjective norm). Sedangkan imbalan eksternal tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap sikap seseorang berbagi pengetahuan. Hasil penelitian ini juga mengkonfirmasi teori tindakan yang beralasan dan menyimpulkan bahwa niat seseorang berbagi pengetahuan banyak dipengaruhi oleh norma subjektif dibandingkan sikap terhadap perilaku berbagi pengetahuan.

The aim of this research is to disclose the influential factors on personal intention toward knowledge sharing. This research conducts the theory of reasoned action to examine extrinsic rewards, organization climate, social psychological forces, and channel richness on personal intention toward knowledge sharing. Using questionnaires, two hundred students and lecturers of the University of Malang were taken as sample population and analyzed by independent t-test and Partial Least Squares (PLS) software version 2.0. The result shows that no significantly different found between students and lecturers perception of influential factors on personal intention toward knowledge sharing. The attitude toward knowledge sharing and the subjective norm are implied by the channel richness and the organizational climate. However, the extrinsic reward has no significant impact to influence the personal attitude toward knowledge sharing. This research also confirms that personal intention toward knowledge sharing as stated in the theory of reasoned action is much affected by the subjective norm rather than the attitude toward knowledge sharing.

Kata Kunci : Teori tindakan yang beralasan,Imbalan Eksternal,Iklim organisasi,tekanan psikologi sosial,Keragaman media, Theory Of Reasoned Action, Extrinsic Rewards, Organization Climate, Social Psychological Forces, Channel Richness


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.