Laporkan Masalah

Pelatihan brand mindset mengunakan metode elaboration likelihood model untuk membentuk sikap terhadap brand (pada karyawan bagian operasional)

ALLE, Karel, drs.Fathul Himam MPsi.,MA.,Ph.D.,Psi

2008 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Banyak perusahaan berusaha membangun citra merek pada para stakeholder, dengan membangun sikap positif terhadap citra. Sikap positif dari para stakeholder merupakan salah satu faktor yang menentukan pencapaian ekuitas merek di pasar. Salah satu cara untuk meningkatkan sikap terhadap merek pada stakeholder terutama karyawan perusahaan adalah dengan pelatihan. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peran pelatihan Brand Mindset dalam meningkatkan sikap karyawan terhadap merek perusahaan. Pelatihan Brand Mindset dengan metode ELM bertujuan untuk membentuk sikap positif karyawan terhadap merek dengan membangun pemahaman pribadi tentang arti merek mereka dan bagaimana menyampaikan intisari merek. Subyek penelitian adalah Karyawan Bagian Operasional Bank Jateng Cabang Utama yang terdiri dari 40 orang, 20 orang ditempatkan secara random sebagai kelompok kontrol dan 20 orang sebagai kelompok eksperimen. Pelatihan Brand Mindset sebagai perlakuan, diasumsikan akan meningkatkan sikap positif terhadap merek perusahaan. Pengukuran sikap tehadap merek dilakukan sebelum dan sesudah diberi pelatihan. Skala sikap terhadap merek adalah alat ukur yang direspon oleh tiap subyek. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji parametric t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan brand mindset efektif untuk meningkatkan sikap positif karyawan terhadap merek (t = 4,358, p= 0,000).

Many companies have been trying to build good image on their products by showing positive attitude towards the stakeholders, and their own products. The positive input from the stakeholders is one of the succesfull indicator benchmark. To build the positive attitude, especially among the employees, toward their brand or stakeholders can be done by having an attitude training. The goal of this experiment is understanding the role of brand mindset Training in order to increase the employee’s positive attitude towards their company brand. Brand Mindset Training with ELM method as a purpose to build employee’s positive attitude toward their own brand by developing their own understanding on the meanings of the brand and how to explain the core of their brand. The subject of the experiment was the Operational Department in Main Unit of Bank Jateng. There were 20 people who randomly chosen to be the experiment group and 20 others to be the control group. Measurements were given before and after the experiment by using an attitude scale for each subject. The data gathered was processed by using Parametric T-test. The result showed that Brand Mindset Training is effective in developing the employee’s positive attitude toward the brand (t=4.358, p=0.000).

Kata Kunci : Pelatihan Brand Mindset,metode ELM,Sikap positif terhadap merek, Brand mindset training, ELM Method, Employee’s positive attitude toward brand


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.