T Nug i

Implementasi AJAX menggunakan Atlas Framework :: Untuk pembuatan Web Layanan Informasi Pariwisata Jogja

Penulis

Nugroho, Radityo Adi

Pembimbing: Dr. Ahmad Ashari, M.Kom


Hingga awal tahun 2005, karakteristik interaksi aplikasi web selalu tergantung pada event-event yang diberikan oleh pengguna. Serta, harus menunggu munculnya halaman web secara utuh untuk berpindah dari satu event ke event lain. Untuk memperbaiki masalah ini, muncul teknik Asynchronous Javascript and XML(AJAX) yang membuat aplikasi web menjadi mirip aplikasi desktop dan tidak terlalu tergantung pada event yang diberikan pengguna. Ajax juga diklaim memiliki waktu loading yang lebih singkat. Namun, Ajax juga memiliki kekurangan karena kode sumbernya sulit untuk ditulis. Beberapa framework hadir untuk mengatasi kekurangan ini, salah satunya adalah Atlas Framework. Penelitian ini mencoba membuat sebuah aplikasi web Ajax dengan menggunakan Atlas Framework untuk dibandingkan dengan aplikasi web tradisional. Aspek-aspek yang dibandingkan dalam penelitian ini adalah waktu loading dan jumlah data yang dilewatkan. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi web mengenai informasi kepariwisataan di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi web tradisional memiliki waktu loading yang lebih singkat pada saat me-refresh suatu halaman karena melewatkan data yang lebih sedikit dibandingkan aplikasi web Ajax dengan Atlas. Namun, untuk mengubah isi suatu halaman, aplikasi web Ajax dengan menggunakan Atlas Framework memiliki waktu loading yang lebih singkat karena melewatkan data lebih sedikit.

Until the beginning of 2005, the characteristic of the web application interaction always depends on the events given by the user. Moreover, must wait for the occurrance of the whole web page to move from one event to another. To repair this problems, appears the Asynchronous Javascript and XML(AJAX) technique which makes the web application similar to desktop application and not depends too much on the event given by the user. Ajax also be claimed has the shorter loading time. However, Ajax also has some weakness because its source code is hard to be written. Some frameworks appear to overcome this weakness, one of them is Atlas Framework. This research tries to make an Ajax web application with Atlas Framework to compare with the traditional web. The compared aspects in this research are the loading time and the data amount. The web application that made is tourism information in Daerah Istimewa Yogyakarta province. The result shows that the traditional web application has the shorter loading time in a whole page refreshing because it passes less data amount rather than Ajax web application using Atlas. However, to change a web page contents, Ajax web application using the Atlas Framework has the shorter loading time because it passes less data amount.

Kata kunci Website,AJAX,Atlas Framework,Informasi Pariwisata,loading time, data amount, AJAX, Atlas Framework
Program Studi S2 Ilmu Komputer UGM
No Inventaris c.1 (2914-H-2007)
Deskripsi xvi, 80 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2007
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali