Laporkan Masalah

Analisis margin lembaga pemasaran kakao di Kabupaten Donggala

KALABA, Yulianti, Dr.Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS

2007 | Tesis | S2 Ekonomi Pertanian

Penelitian Analisis Margin Lembaga Pemasaran Kakao di Kabupaten Donggala, bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dari tingkat petani sampai tingkat eksportir, yang terkait dengan besar margin pemasaran dan efisiensi pemasaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran kakao. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Diduga saluran pemasaran kakao dari petani sampai ke tingkat eksportir tidak efisien (2) Diduga margin pemasaran dipengaruhi oleh harga jual petani, volume penjualan petani dan jarak pemasaran terdekat. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Donggala yang ditentukan secara sengaja (purposive). Kecamatan Palolo, Banawa dan Balaesang sebagai lokasi penelitian yang ditentukan berdasarkan pendekatan cluster. Responden penelitian berjumlah 62 responden yaitu 3 eksportir, 4 pedagang besar, 10 pedagang pengumpul berdasarkan pendekatan sensus dan 45 responden petani diperoleh berdasarkan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data digunakan teknik quisioner dan penelusuran pustaka. Pengujian hipotesis digunakan uji bagian harga yang diterima petani untuk melihat efisiensi pemasaran dan regresi berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa saluran pemasaran kakao yang ada di Kabupaten Donggala melibatkan lembaga pemasaran yaitu petani, pedagang pengumpul, pedagang besar dan eksportir. Panjangnya saluran pemasaran menyebabkan nilai margin yang diperoleh menjadi besar, yang menunjukkan besar perbedaan harga kakao antara petani dengan harga yang dibayarkan oleh pedagang. Persentase bagian harga yang diterima petani lebih kecil jika dibandingkan dengan keuntungan yang diterima pedagang, hal ini mengidikasikan bahwa saluran pemasaran kakao yang ada di Kabupaten Donggala tidak efisien. Margin pemasaran kakao dipengaruhi oleh harga jual di tingkat petani dan jarak pemasaran terdekat.

Research about analysis of marketing margin of cocoa in Donggala District in Sulawesi aims to know marketing channel from farmer’s level to export level that related to how big marketing margin and marketing efficiency together with factors which affect marketing margin of cocoa. Hypotheses of the research were/are (1) It was/ is hypothesized that marketing channel of cocoa from farmer’s level to export level was/is not efficient. (2) It was/is hypothesized that marketing margin was/is affected by farmer’s sale price, quantity/volume which was/is sold by farmers and closest marketing distance research This research was/is done in Donggala regency which was/is determined purposively. Sub-districts Palolo, Banawa and Balaesang as research locations were/are formed/determined basing on cluster approach. Respondents of this research were 62 which included 3 exporters, 4 whole sellers, 10 compiler merchants basing on census and 45 farmers obtained basing on proportional random sampling technique. Data collection was done by using questionnaires technique and book. Hypothesis testing was/is done using part of price which was received by farmers to identify factors that affect marketing margin. Results obtained show/showed that marketing channel of cocoa in Donggala regency involve/involved marketing institute that include/included farmers, compiler merchants, whole sellers and exporters. Distance of marketing channel causes/caused large value of margin which shows/showed difference in price of cocoa between farmers and merchants/sellers. Percentage of part of price received by farmers was/is little if compared with the profit received by sellers. This condition indicated/ indicates that marketing channel of cocoa in Donggala regency was/is not efficient. Marketing channel of cocoa was/is influenced by cocoa’s sale price at farmers’ level and the closest marketing distance

Kata Kunci : Pemasaran Kakao,Saluran Pemasaran,Efisiensi,Margin Lembaga, Marketing Channel, Efficiency, Margin


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.