MAP Olo e

Evaluasi kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Negara

Penulis

Olo, Muliany

Pembimbing: Dr. Muhadjir Darwin


Badan Kepegawaian Negara telah mengambil langkah-langkah untuk menghadapi perubahan. Sebagai Organisasi yang ingin berhasil dalam mencapai tujuannya maka Organisasi ini telah melakukan usaha untuk meningkatkan kompetensi pegawainya melalui pendidikan dan pelatihan. Sudah banyak program pelatihan diselenggarakan dengan mengeluarkan banyak anggaran dan waktu, namun sejauh ini belum pernah diketahui seberapa baik penyelenggaraan Diklat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Teknis dan Fungsional yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Negara. Variabel utama yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel dengan lokus penelitian di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Negara. Teori yang dijadikan sebagai pijakan dalam penelitian ini yakni teori yang beruhubungan dengan manajemen pelatihan dan terori motivasi. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian Kualitatif, data diperoleh dengan melakukan wawancara intensif dengan 5 (lima) orang key informan selanjutnya data tersebut kemudian disederhanakan dengan cara menyeleksi. Langkah berikutnya data disajikan untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di lapangan dan selanjutnya dilakukan verifikasi data yakni menarik kesimpulan atas keteraturan dan penyimpangan yang ada dalam realitas terhadap indikator kualitas penyelenggaraan yakni perencanaan pendidikan dan pelatihan, Kuantitas dan Kualitas Widyaiswara, Metode Pembelajaran, Kurikulum pendidikan dan pelatihan, Sarana dan Prasrana, dan Motivasi Peserta. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa rancang bangun program pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional selama ini tidak dilakukan melalui Training Need Assessment namun ditetapkan menurut keinginan Pemimpin proyek Pengembangan Pegawai sehingga pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan tidak memenuhi kebutuhan individu pegawai atau organisasi. Disamping itu secara Kuantitas jumlah Widyiaswara yang mengajar hanya terdiri dari empat orang dan Kualitas mereka mengajar dalam katagori rendah karena mereka tidak mampu untuk memotivasi peserta, mengelola kelas secara optimal, menyajikan materi dengan menarik. Metode Pembelajaran yang digunakan selama ini hanya didominasi dengan cara ceramah dan belum memvariasikan dengan metode lainnya. Kurikulum pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan tidak mencapai tujuan secara maksimal disamping manfaat teori tidak mendukung dengan pelaksanaan praktek, uraian yang ada dalam dalam modul tidak jelas disamping itu mata pelajaran tidak disusun secara sistematis. Penelitian yang dilakukan menunjukkan penyelenggaraan Diklat tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Peserta yang mengikuti pendidikan dan pelatihan Teknis dan Fungsional tidak menunjukkan motivasi yang kuat untuk memperoleh dan meningkatkan kompetensi individu agar dapat menunjang pelaksanaan pekerjaan dan meningkatkan kinerjanya. Saran yang dapat diajukan dalam usaha memperbaiki kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yakni : Pertama : Penyelenggaraan Diklat agar didahului perencanaan program, Kedua : Menambah jumlah dan meningkatkan kualitas Widyaiswara, Ketiga : Penyempurnaan kurikulum agar disesuaikan dengan kebutuhan Diklat, Keempat : Metodologi disesuaikan dengan kebutuhan Diklat Kelima : Sarana dan prasarana disediakan sesuai dengan kebutuhan, Keenam : Peserta Diklat agar memiliki motivasi untuk meningkatkan kompetensinya.

The Agency of National Civil Service had already taken steps to deal with many changing. As a public Organization, it has done its best to achieve its goal. The Organization organizes many program of training to increase the employee’s competence. Eventhough the organization has spent a lot of fund to finance the activities, there is no evaluation on how good the quality of the training so far. The main aim of this research is to know the quality of trainings which are organized by The Training and Education Centre of the Agency of National Civil Service The main variable of this research consists of one variable. The research was conducted at the Training and Education Centre, one of Organization units at the Agency of National Civil Service. The Qualitative Methodology was used in analyizing data, while the data was collected by interviewing five key informen. As soon as the data was obtained, it was summarized then the data was appeared to understand the truth behind the reality. After that, the data was verified by withdrawing conclusions about the reality concerning wix indicators, namely : The training planning, the quantity and quality of the lecturers, Training methodology, Curriculum, Training facility, and the Participant’s motivation. The result of the research showed that Training Need Assessment was not implemented to plan the training programs but merely decided on the project officer’s will so the trainings were unable to meet the individual’s and organization’s needs. There were only four lecturers with poor competence in teaching because they failed to manage the class, showed effective presentation, etc. The teaching methodology was emphasized merely on lectures without combining the methods with other way. The Curriculum was also failed to achieve the goal because of unsystematically arranged, as well as the theory given to the participants was unable to support the practice. The training’s objective also failed to achieve due to poor facility owned by the Organization, Besides that the participants’ motivation was very low so they did not show participation during the trining. Three recommendations are submitted to improve the quality of the program : First : The organization shuld carry out training program before organiIng trainings, Second : The organization recruit and improve the number of Widyaiswara. Third, The Currculum must be examined and improved Fourth,Teaching Methods should be applied in accordance with the demand Fifth, Training Facilities should be improved, Sixth, The Participatnts should be motivated ones

Kata kunci Badan Kepegawaian Negara,Kualitas Program Diklat
Program Studi Magister Administrasi Publik UGM
No Inventaris c.1 (1044-H-2005)
Deskripsi xiii, 123 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Inggris
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2005
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali