MAP Set s

Studi implementasi kebijakan pendidikan luar sekolah :: Studi kasus Program Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Propinsi Jawa Timur

Penulis

Setiyono, Trimo

Pembimbing: Dr. Muhadjir Darwin


Penelitian ini untuk : (1) Mengetahui proses pelaksanaan pendidikan yang dilaksanakan melalui program pendidikan anak dini usia di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. (2) Mengetahui kemampuan aparat pelaksana dalam memberi kontribusi pada pelaksanaan program pendidikan anak dini usia di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Dalam penelitian ini, melalui program pendidikan anak dini usia pemerintah membantu dan memberdayakan masyarakat dalam melaksanakan pelayanan pendidikan anak dini usia. Metode penelitian yang dipergunakan adalah studi kepustakaan disamping wawancara mendalam dan observasi. Data dan informasi yang terhimpun selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pendidikan anak dini usia (PADU) di Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya salah satu langkah kongkrit pemerintah dalam memberdayakan masyarakat, hal tersebut dilihat dari tingkat keikut sertaan masyarakat dalam melakukan pnyusunan perencanaan sampai dengan pelaporan kegiatan. Dengan demikian ini merupakan awal yang baik mengingat keterbatasan dana yang dialokasikan, maka dengan memberdayakan masyarakat sehingga dapat berdiri lembaga-lembaga pendidikan anak dini usia dengan jumlah atau kuantitas yang cukup, hal ini disebabkan faktor partisipasi masyarakat yang sangat tinggi dalam melaksanakan pelayanan pendidikan anak dini usia (PADU) serta kontribusi aparat pelaksana dalam memberdayakan masyarakat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, beberapa hal yang dapat direkomendasikan adalah sebagai berikut: (1) mengingat keterbatasan dana yang dialokasikan oleh pemerintah, pelaksanaan padu hendaknya selain berorientasi pada kemampuan yang ada pemerintah, namun juga memberikan kepercayaan kepada masyarakat yang sebenarnya memiliki kemampuan dan juga lebih tahu mengenai apa yang diperlukan, artinya pemberdayaan masyarakat hendaknya lebih dioptimalkan, (2) menekan interes pribadi aparat pengelola program PADU atau lapisan yang lebih kuat dan mampu mengalahkan kelompok masyarakat untuk lebih berkreasi dalam menyelenggarakan program PADU, (3) melkukan pematauan dan evaluasi manfaat program, untuk lebih menajamkan perencanaan program pada masa mendatang.

The study is to : (1) understand a proces of education implemented by Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) program insub district of sukolilo kota Surabaya. (2) understand capability of implementer personel in contributing to PADU program in sub district of Sukolilo kota Surabaya. In this study, through PADU program, the goverment help and empower the society in implementing the education service for early age children. The study method used was reference study, in addition to deep interview and observasion. Data and information, which were collected, are analyzed qulitatively. The results of study indicated that the implementation of PADU program in sub district of Sukolilo kota Surabaya is one concrete step of government inempowering the society, it is seen from rate of society participation in structuring a planing upmto a reporting of activity. Thus, it is a good start,considering a limited fund allocation, then in empowering the society so that education institutions stand alone for PADU with adequate quantity, it is caused by factor of higt soiety partiipation in implementing the PADU and implementer personel contribution to empower the society. Based on the conducted study, some issues wich are recommended are as follows: (1) considering the limited fund allocated by the government, the PADU program implemeter should be oriented to the existing capability of government. But also give reliance to the society, wich really belong to capability and better know what is needed, it means that the empowerment of society should be optimized, (2) emphasizing on personal interest of PADU program management personnel, or stronger and able level to defeat a society group to be more creative in implementing the PADU program, (3) monitoring and evaluating the program benefit, to more sharpen the future program planning.

Kata kunci Kebijakan Pemerintah,Pendidikan Luar Sekolah,Implementasi Program PADU
Program Studi Magister Administrasi Publik UGM
No Inventaris c.1 (1056-H-2005)
Deskripsi ix, 101 p., bibl., ills., 29 cm
Bahasa Inggris
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2004
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali