Laporkan Masalah

Analisa strategi pemasaran PT Sinar Sosro pada era globalisasi

NUNUHITU, Robert Imanuel, Dr. Gudono, MBA

2004 | Tesis | Magister Manajemen

Globalisasi ekonomi telah menjadi salah satu faktor pendorong perusahaan untuk melakukan perubahan-perubahan dalam strategi pemasarannya. Dalam era globalisasi ini, konsumen seringkali dihadapkan pada berbagai macam produk dengan beragam kelebihan. Dengan tingkat persaingan yang sedemikian ketat itulah, tampaknya pemasar harus terus berkreasi dan berinovasi dalam mendekati pelanggan. Globaliasi ekonomi mengarah pada semakin mudahnya perusahaan multi nasional untuk keluar dan masuk pada suatu negara. Dengan dukungan teknologi dan investasi global, kompetisi di era ini akan semakin keras dan tajam. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran PT. Sinar Sosro dengan sifat penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan manajemen strategis dengan alat analisis Five Forces Model yaitu ancaman pendatang baru, ancaman produk subtitusi, kekuatan daya tawar menawar pembeli, kekuatan daya tawar menawar pemasok serta tingkat persaingan diantara perusahaan yang ada, analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) dan analisis Marketing Mix yaitu Product, Price, Place and Promotion. Berdasarkan hasil analisis yang ada diperoleh bahwa lima kekuatan variabel persaingan (five forces) merupakan variabel eksternal yang telah membuat persaingan menjadi sangat tajam. Disamping itu sebagian dari variabel internal merupakan kelemahan dari PT.Sinar Sosro dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat. Dari hasil analisis yang diperoleh, penulis mengajukan beberapa saran antaralain ekstensifikasi dan intensifikasi pada jalur pemasaran serta peningkatan pada awareness produk melalui jalur promosi

Economic globalization has come to one of factors of companyÂ’s impeller to conduct the change in its marketing strategy. In this globalization era, consumers are offered by many kinds of products and itÂ’s excess. By having that tight competition, company must be more creative and innovative to market the product. Economic Globalization leads some multinational companies to enter and exit to one particular state. With the technological support and global investment, competition in this era will getting harder. This writing aims to analyze the marketing strategy of PT. Sinar Sosro by using descriptive research. The descriptive research using strategic management approach tools such as the Five Forces Model those are The threat of new entrants, The threat of product substitution, The bargaining power of customer, The bargaining power of supplier and also The competition among existing company, SWOT Analyzes (Strength, Weakness, Opportunity And Threats) and The Marketing Mix analyzes those are Product, Price, Place And Promotion. Based on analyzes result that the five forces representing external variable that made the competition become very keen. On the other hand that some of the internal variables are represent the weakness of PT.Sinar Sosro in facing the tight competition. Based on the result analyzes, the writer offering some suggestions such as extensive and intensification on market coverage and also improving the product awareness through promotion activity

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Globalisasi Ekonomi, Globalization, Five Forces, SWOT, Marketing Mix.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.