Discrete Choice Experiment of the Impact of Product Attributes and Health Consciousness on Chips Choices: A Study of Indonesian Consumers

Penulis

Wulandari Dining A

Pembimbing: Gerhard Havranek


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran preferensi konsumen Indonesia terhadap pemilihan produk keripik, sementara juga mempertimbangkan kesadaran akan kesehatan. Penulis menyelesaikan masalah dengan menggunakan eksperimen pilihan diskrit untuk mengukur utilitas konsumen melalui atribut produk. Dengan menemukan utilitas konsumen, preferensi konsumen terhadap produk dapat di identifikasi. 100 responden diminta untuk mengisi survei online, yang terdiri dari pertanyaan demografis dan 10 set pilihan. Terdapat lima atribut produk utama yang diamati pada penelitian ini: harga, jenis bahan utama, tingkat penggunaan MSG, tingkat penggunaan garam, dan bahan kemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat atribut produk memiliki pengaruh signifikan dalam menentukan preferensi konsumen terhadap produk keripik, sedangkan atribut lainnya tidak memiliki efek yang signifikan (bahan kemasan). Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan kombinasi produk terbaik yang berpotensi memberikan wawasan yang bermanfaat untuk para manajer. Masukan untuk penelitian dimasa depan adalah untuk menghilangkan batasan waktu penelitian, mencari sampel yang dapat menjadi representative, mendistribusikan survei online secara lebih formal, dan memperluas ruang lingkup geografis dalam distribusi survei online.

The purpose of this study is to reveal Indonesian consumers' preference toward chips product, while also taking health consciousness into account. The author solves this issue by using Discrete Choice Experiment to measure consumers' utility through product attributes. From given utility, it serves as consumers' preference toward chips a product. 100 respondents were asked to fill in an online survey, consisting of demographic questions and 10 choice sets. Five main product's attributes were observed in this research study: price, type of the main ingredient, level of MSG usage, level of salt usage, and packaging material. The finding indicates that four product's attributes have a significant effect in determining consumers' preference toward chips product, while another attributes has no significant effect (packaging material). Several variables were also added to the model (health consciousness, gender, and age) but none of them have a sinificant effect. Furthermore, this study also reveals the best product combination which can potentially give great insights for managers. The input for further research are to eliminate time constraintes, try to get more representative sample, distribute the online survey in more formal manner, and expand the geographical scope which the online survey is distributed.

Kata kunci Discrete Choice Experiment, Product Attribute, Consumer Preference, Health Consciousness, Chips Choices
Program Studi S1 MANAJEMEN UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Skripsi
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2019
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali