HUBUNGAN PERAN SERTA IBU HAMIL DALAM KELAS IBU HAMIL DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD)

Penulis

Riris Nur M

Pembimbing: Iphigienia Iradati, SKM.,M.Kes;Fitra Duhita, M.Keb


Kelas ibu hamil merupakan penyampaian informasi kesehatan kepada individu, keluarga, atau masyarakat untuk mewujudkan perilaku kesehatan yang lebih baik. Salah satu tujuan kelas ibu hamil yaitu meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang inisiasi menyusu dini (IMD). Pelaksanaan kelas ibu hamil sangat membutuhkan peran serta peserta dalam mencapai keberhasilan program. Diharapkan dengan meningkatnya pengetahuan ibu hamil tentang IMD akan mendorong ibu untuk melakukan IMD dikemudian hari dan meningkatkan keberhasilan ASI Eksklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan peran serta ibu hamil dalam kelas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan ibu tentang inisiasi menyusu dini (IMD). Metode penelitian ini menggunakan rancangan kohort prospektif. Populasi target adalah seluruh ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kasihan II, sedangkan populasi terjangkau adalah ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kasihan II yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk variabel peran serta ibu hamil dalam kelas ibu hamil dan lembar kuesioner untuk tingkat pengetahuan ibu tentang inisiasi menyusu dini. Subjek diberi kuesioner pretest dilanjutkan dengan kelas ibu hamil dimana dilakukan observasi peran serta setiap pertemuan kelas ibu hamil dan kemudian diberi kuesioner posttest. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 responden terdapat 21 responden ibu hamil (57%) yang memiliki peran serta pasif dalam kelas ibu hamil. Pengetahuan ibu hamil tentang inisiasi menyusu dini (IMD) pada umumnya meningkat sebanyak 20 responden ibu hamil (54%). Uji statistik didapatkan p-value 0,026. Relative Risk (RR) 1,969 dengan interval kepercayaan 95%, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara peran serta ibu hamil dalam kelas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan ibu tentang inisiasi menyusu dini (variabel independen dan dependen memiliki hubungan bermakna).

Antenatal Class is giving of health information to individuals, families, or communities to be better health behavior. One of the goals of antenatal class is to increase the knowledge of pregnant women about early breastfeeding initiation. The implementation of antenatal class needs pregnant women participation in achieving the success of the program. It is expected that the increased knowledge of pregnant women about early breastfeeding initiation will encourage mothers to do early breastfeeding initiation in the future and increase the success of exclusive breastfeeding. The purpose of this study was to analyze the relationship between the participation of pregnant women in the antenatal class with the knowledge of pregnant women about early breastfeeding initiation. The method of this study used a prospective cohort design. The target population is all pregnant women in the work area of the Kasihan II Primary Health Center, while the affordable population is pregnant women in the work area of Kasihan II Primary Health Center that meets the inclusion criteria. Sampling technique uses consecutive sampling. Data collection uses observation sheets for participation of pregnant women in the antenatal class and questionnaire for the maternal knowledge about early breastfeeding initiation. Subjects were given a pretest questionnaire followed by a antenatal class where participation was observed in each meeting of antenatal class and then given a posttest questionnaire. The analysis using Chi-Square test. The results showed that from 37 respondents there were 21 pregnant women (57%) who had passive participation in the antenatal class. Knowledge of pregnant women about early breastfeeding initiation generally increased by 20 pregnant women (54%). Statistical tests obtained p-value 0.026. Relative Risk (RR) 1.969 with 95% confidence interval, it is mean that there is a significant relationship between the participation of pregnant women in the antenatal class with the knowledge of pregnant women about early breastfeeding initiation (independent and dependent variable have significant relation).

Kata kunci peran serta, pengetahuan, kelas ibu hamil, inisiasi menyusu dini / participation, knowledge, antenatal class, early breastfeeding initiation
Program Studi D4 BIDAN PENDIDIK SV UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Tugas Akhir
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2019
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali