Pengaruh Pemberdayaan Psikologis terhadap Berbagi Pengetahuan dengan Komunikasi Virtual Sebagai Variabel Pemoderasi

Penulis

Julius Sando M C K

Pembimbing: Dr. Rangga Almahendra, S.T., M.M.


ABSTRACT: This study aims to investigate the relationship between psychological empowerment on knowledge sharing with virtual communication as a moderating variable, studies conducted to students who joined VIBu simulation in Business Negotiation and Communication class at Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2016-2017. This research's data collection was done by asking respondents to answer questionnaire. There were 96 samples from students. This research used simple and multiple regression analysis method using SPSS. The result of this study showed that psychological empowerment positively influenced the knowledge sharing process happened in the teams. Virtual communication, as the moderating variable, was also able to improve the impact of psychological empowerment on knowledge sharing.

INTISARI: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara pemberdayaan psikologis dan berbagi pengetahuan dengan komunikasi virtual sebagai variabel pemoderasi studi yang dilakukan pada mahasiswa yang mengikuti simulasi VIBu di kelas Negosiasi dan Komunikasi Bisnis Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner yang diisi oleh responden. Sampel yang dapat diambil adalah sebanyak 96 mahasiswa. Analisis pada penelitian ini menggunakan metode regresi sederhana dan berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan psikologis berpengaruh positif terhadap proses berbagi pengetahuan yang terjadi di dalam kelompok. Variabel pemoderasi pada penelitian ini, yaitu komunikasi virtual, juga mampu meningkatkan hubungan pengaruh pemberdayaan psikologis pada berbagi pengetahuan.

Kata kunci Pemberdayaan Psikologis, Berbagi Pengetahuan, dan Komunikasi Virtual
Program Studi MANAJEMEN UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Skripsi
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2018
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali