Laporkan Masalah

Validasi Modul Pelatihan Disiplin Positif Untuk Meningkatkan Praktik Pengasuhan Pada Ibu Anak Prasekolah

WIJAYANTI R, Diana Setiyawati, S. Psi., M.H.Sc., Ph.D., Psikolog

2018 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Mengasuh anak dengan menerapkan disiplin positif mendorong optimalnya perkembangan fisik dan psikologis anak. Sayangnya, hasil reviu dari World Bank menunjukkan masih banyak orangtua yang belum mampu untuk mengasuh anak dengan disiplin positif. Hal tersebut dikarenakan belum tersedianya pelatihan pada orangtua terkait hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Validasi Modul Pelatihan Disiplin Positif untuk meningkatkan praktik pengasuhan. Validasi modul dilakukan melalui dua tahap validasi isi (1.Validasi isi mengenai materi, metode, media, aktivitas, lembar kerja dan waktu yang digunakan dalam modul , 2.Validasi isi mengenai keterbacaan modul bagi Penyuluh Keluarga Berencana) dan dua tahap validasi fungsional (1. training of trainer/ TOT Pelatihan Disiplin Positif bagi Penyuluh Keluarga Berencana, 2. Pelatihan Disiplin Positif pada ibu anak prasekolah). Hasil koefisien validitas isi tahap pertama dari enam orang ahli bergerak dari 0,750-0,958 (V > 0,5). Hasil koefisien validitas isi tahap kedua dari lima orang ahli bergerak dari 0,70-0,95.(V > 0,5). Hal tersebut menunjukkan bahwa Modul Pelatihan Disiplin Positif memiliki validitas isi yang baik. Untuk validasi fungsional, hasil dari TOT menunjukkan bahwa TOT dapat meningkatkan pengetahuan disiplin positif pada Penyuluh Keluarga Berencana (p = 0,042). Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa Pelatihan Disiplin Positif dapat meningkatkan praktik pengasuhan pada kelompok eksperimen (p = 0,001). Hal tersebut menunjukkan bahwa Modul Pelatihan Disiplin Positif memiliki validitas fungsional yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul Pelatihan Disiplin Positif untuk meningkatkan praktik pengasuhan pada ibu anak prasekolah dengan trainer Penyuluh Keluarga Berencana dinyatakan valid.

Parenting children by applying positive discipline encourages an optimal physical and psychological development of children. Unfortunately, the review result from The World Bank shows there are still many parents who have not been able to take care of children with positive discipline. This is because the unavailability of training for parents relating to this. This study aims to Validate a Positive Discipline Training Module to improve parenting practice. Module validation is conducted through two stages of content validation (1. Validation of contents on materials, methods, media, activities, worksheets, and time used in module, 2. Validation of contents about legibility of module for Family Planning Counselors) and two functional validation stages (1. training of trainer/TOT of Positive Discipline Training for Family Planning Counselors, 2. Training of Positive Discipline in mothers of preschool children). The result of the first stage content validity coefficient of six experts moved from 0.750-0.958 (V> 0.5). The result of the second stage content validity coefficient of five experts moved from 0.70-0.95. (V> 0.5). This indicates that Positive Discipline Training Module has a good content validity. For functional validation, the result of TOT indicates that TOT can increase a positive discipline knowledge on Family Planning Counselors (p = 0.042). Mann Whitney U test result shows that Positive Discipline Training can improve the practice of parenting in the experimental group (p = 0.001). This indicates that Positive Discipline Training Module has a good functional validity. Thus, it can be concluded that Positive Discipline Training Module to improve parenting practice for mothers of the preschool children with Family Planning Counselor trainers is declared valid.

Kata Kunci : validasi modul, pelatihan disiplin positif, praktik pengasuhan, anak prasekolah, penyuluh keluarga berencana

  1. S2-2018-388748-abstract.pdf  
  2. S2-2018-388748-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-388748-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-388748-title.pdf