Laporkan Masalah

ANALISIS PENETAPAN STRATEGI AKUISISI AMACO, LTD DI THAILAND SEBAGAI STRATEGI PERTUMBUHAN PT. PERTAMINA LUBRICANT MENUJU GLOBAL COMPANY

ABD. HAFID RASJID, Ely Susanto, SIP., MBA., Ph.D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mencari dasar ilmiah alasan pengambilan keputusan melaksanakan strategi akuisisi salah satu perusahaan pelumas di Thailand yaitu Amaco, Ltd sebagai bentuk implementasi strategi pertumbuhan PT. Pertamina (Persero) dalam upaya memenuhi target dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan sebagai perusahaan energy kelas dunia. Penelitian ini dilakukan terhadap PT. Pertamina Lubricant dan Amaco, Ltd. PT. Pertamina Lubricant adalah anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) yang khusus menjalankan bisnis pelumas. Dalam memenuhi target pertumbuhan sebagai perusahaan pelumas 20 besar di dunia perusahaan ini harus melakukan ekspansi ke pasar overseas. Salah satu alternatif pasar yang dijadikan target adalah negara Thailand. Adanya persamaan sumberdaya, kondisi persaingan dan kebutuhan pasar sekaligus potensi bisnis yang signifikan menjadi salah satu pertimbangan PT. Pertamina Lubricant memilih Thailand sebagai negara tujuan melakukan ekspansi ini. Amaco, Ltd adalah salah satu perusahaan pelumas di Thailand yang sesungguhnya mengalami kesulitan untuk berkembang. Perusahaan mengalami kendala pasokan bahan baku utama base oil. Secara finansial perusahaan ini tidak sehat karena jalannya perusahaan ditopang oleh hutang bank. Data penelitian ini bersumber dari data-data di PT. Pertamina Lubricant dan data-data dari Amaco, Ltd yang terangkum dalam dokumen hasil audit yang dilakukan untuk tahun 2010 hingga 2012. Informasi dari data-data tersebut dikonfirmasi dengan hasil wawancara terhadap informan yang merupakan pengambil keputusan dalam perusahaan. Pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan keputusan akuisisi adalah komitmen perusahaan, fleksibilitas strategi dalam menghadapi kondisi industri dan industrial constraint yang ada di pasar pelumas di Thailand kemudian dipadukan dengan kepentingan perusahaan. Dalam upaya memasuki pasar baru overseas dibutuhkan mitra yang dapat membantu mempercepat akses tersebut. Pertimbangan kondisi perusahaan Amaco dan potensi yang akan diperoleh PT. Pertamina Lubricant dengan melakukan akuisisi ini menjadi dasar pemilihan Amaco sebagai target akuisisi.

This study aimed to explore the scientific basis of the reasons of decision making for the acquisition strategy to a lubricant companies in Thailand namely Amaco, Ltd as an implementation of the growth strategy of PT. Pertamina (Persero) in an effort to meet the targets in the Company's Long Term Plan as a world class energy company. This study was conducted to PT. Pertamina Lubricant and Amaco, Ltd. PT. Pertamina Lubricant is a subsidiary of PT. Pertamina (Persero) is a special running lubricants business. In meeting the growth target as a lubricant company in the world top 20, this company should expand into overseas markets. One alternative to the targeted market is the country of Thailand. Equality of resources, competitive conditions and market needs as well as potential significant business became one of the considerations PT. Pertamina Lubricant choose Thailand as a destination country's expansion. Amaco, Ltd. is one of the lubricant in Thailand were actually difficult to develop. The company suffered a major raw material supply constraints of base oil. Financially the company is unhealthy because all of the company operation is supported by bank loans. The research data was sourced from the data in the PT. Pertamina Lubricant and data from Amaco, Ltd summarized in documents the results of audits conducted for the years 2010 to 2012. The information from these data is confirmed by the results of interviews with informants who are decision makers within the company. The considerations in decision making acquisitions is a firm commitment, flexibility strategies in facing industry and industrial constraint conditions that exist in the lubricants market in Thailand is then combined with the company's interests. In an effort to enter new markets overseas needed a partner who can help speed access. Condition of Amaco and consideration of the company's development potential which will be acquired PT. Pertamina Lubricant by doing this acquisition became the basis of selecting Amaco as acquisition targets.

Kata Kunci : acquisition, the company's commitment, industrial constraint and flexibility strategy