Laporkan Masalah

Pengaruh Eksternalitas Jaringan, Fleksibilitas Waktu, dan Gratifikasi Individual pada Niat untuk Terus Bermain Mobile Legend

ANDI PRADANA, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., Msi., Ph.D.

2018 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eksternalitas jaringan, fleksibilitas waktu, dan gratifikasi individual pada niat untuk terus bermain Mobile Legend. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pemain Mobile Legend di Indonesia. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan data akhir sebanyak 150 responden. Kriteria responden yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah pemain Mobile Legend, pengguna telepon genggam dengan sistem operasi Android atau iOS, dan bermain Mobile Legend lebih dari satu kali dalam seminggu. Pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner dan disebarkan secara daring. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian menemukan bahwa eksternalitas jaringan, fleksibilitas waktu, kesenangan, dan interaksi dengan orang lain memiliki pengaruh positif pada niat untuk terus bermain. Kesenangan dalam gratifikasi individual memiliki pengaruh paling dominan pada niat untuk terus bermain, dengan pengaruh yang positif. Eksternalitas Jaringan memiliki pengaruh positif pada niat untuk terus bermain. Interaksi dengan orang lain dalam gratifikasi individual memiliki pengaruh positif pada niat untuk bermain. Fleksibilitas waktu memiliki pengaruh positif pada niat untuk terus bermain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, implikasi manajerial pada Moonton adalah: peningkatan performansi Mobile Legend dari aspek permainan, peningkatan kapasitas server Mobile Legend, perbaikan sistem komunikasi Mobile Legend, dan acara pertemuan pemain. Hal tersebut dilakukan agar para pemain Mobile Legend ingin terus bermain permainan tersebut.

This research purpose is to analyze the influence of network externalities, time flexibility and individual gratification to intentions for keep playing Mobile Legend. The research using Indonesian's Mobile Legend Players as sampling. Data collection method in this research using purposive sampling, 150 respondents was collected. Respondent's characteristics for this research is Mobile Legend's player, mobile phone user with Android or iOS, and played Mobile Legend more than one time in a week. The analytical method in this research used simple linear regression and multiple linear regression. The result of this research found that network externalities, time flexibility, enjoyment, and interaction with others has positive influence to intentions to keep playing. Enjoyment from individual gratification was the most dominant influence to intentions to keep playing, with positive influence. Network externalities has positive influence to intentions to keep playing. Interaction with others from individual gratification has positive influence to intentions to keep playing. Time flexibility has positive influence to intentions to keep playing. Based on the research's results, managerial implication for Moonton is: increase Mobile Legend's performance from gameplay aspect, increase the capacity of Mobile Legend's server, repair the communication system in Mobile Legend, and makes gathering event. These things would increase player's intention to keep playing Mobile Legend.

Kata Kunci : niat untuk terus bermain, eksternalitas jaringan, fleksibilitas waktu, gratifikasi individual, mobile game, Mobile Legend


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.