Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Image Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa

Penulis

Tiara Vissanastri

Pembimbing: Amrizal Rustam, Drs., S.U., Psikolog


ABSTRACT: The aim of this study is to find out the relation between student's perception of school's image and learning motivation, with learning motivation as dependent variable and student's perception of school's image as independent variable. The hypothesis of this study is that there is a positive relationship between student's perception of school's image and learning motivation. Participants of this study were 61 students at MTs Negeri 10 Sleman, especially VIIIth grader students in class C and D. This research used Learning Motivation scale arranged from characteristics of student with high learning motivation by Sardiman (2011) and Student's Perception of School's Image scale arranged from student's perception of school's image's aspects by Maamarah and Supramono (2016), as instruments to measure learning motivation and student's perception of school's image. Product Moment correlation by Pearson was used to analyzed participants' data. The result of the study showed that there's significantly positive relation between student's perception of school's image and learning motivation (rxy = 0.292; p < 0.05). Therefore, hypothesis in this study is accepted. The effective contributions of student's perception of school's image to learning motivation is 8.6 % (R2 = 0.086).

INTISARI: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap image sekolah dengan motivasi belajar. Dalam penelitian ini, motivasi belajar sebagai variabel dependen dan persepsi siswa terhadap image sekolah sebagai variabel independennya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap image sekolah dengan motivasi belajar. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 10 Sleman khususnya siswa kelas VIII.C dan VIII.D yang berjumlah 61 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi belajar yang disusun berdasarkan ciri-ciri siswa dengan motivasi belajar yang tinggi yang dikemukakan oleh Sardiman (2011) dan skala persepsi siswa terhadap image sekolah yang disusun berdasarkan aspek-aspek persepsi siswa terhadap image sekolah yang dikemukakan oleh Maamarah & Supramono (2016). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap image sekolah dengan motivasi belajar (rxy = 0,292; p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Persepsi siswa terhadap image sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 8,6 % terhadap motivasi belajar (R2 = 0,086).

Kata kunci Motivasi Belajar, Persepsi Siswa, Image Sekolah
Program Studi S1 PSIKOLOGI UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Skripsi
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2018
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali