Laporkan Masalah

Pengaruh Subjektivitas Insentif Terhadap Kinerja Yang Dimediasi Oleh Perilaku Berbagi Pengetahuan Dengan Dimoderasi Oleh Persepsi Keadilan

KLEMENSIA ERNA C. S., Prof. Dr. R.A. Supriyono

2017 | Tesis | S2 Sains Akuntansi

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh subjektivitas insentif terhadap kinerja yang dimediasi oleh perilaku berbagi pengetahuan dengan dimoderasi oleh persepsi keadilan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada sebagai partisipan. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 83 mahasiswa. Hipotesis penelitian ini adalah kinerja manajer akan dipengaruhi oleh subjektivitas insentif yang diterima, dengan dimediasi oleh perilaku berbagi pengetahuan dan diperkuat dengan persepsi keadilan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja manajer lebih tinggi untuk kelompok manajer dengan insentif berbasis subjektivitas, peran perilaku berbagi pengetahuan sebagai variabel pemediasi, serta persepsi keadilan yang memperkuat hubungan antara subjektivitas insentif dan perilaku berbagi pengetahuan. Temuan penelitian ini memperluas riset akuntansi manajerial khususnya mengenai kinerja, subjektivitas insentif, persepsi keadilan, dan perilaku berbagi pengetahuan. Penelitian ini memperluas penelitian-penelitian sebelumnya dengan memasukkan variabel persepsi keadilan sebagai variabel pemoderasi dan memasukkan kinerja sebagai variabel dependen. Kata Kunci: subjektivitas insentif, persepsi keadilan, perilaku berbagi pengetahuan, kinerja.

The purpose of this study is to examine the effect of incentive subjectivity on the performance, mediated by knowledge sharing behavior and moderated by the perception of fairness. This research use experimental method by using student of Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada as participant. The number of participants in this study were 83 students. The hypothesis of this study is that the performance of managers will be influenced by the incentive subjectivity, mediated by knowledge sharing behavior and reinforced by the perception of fairness. The results show that manager�s performance is higher for the group of managers with incentive subjectivity, the role of knowledge sharing behavior as a mediating variable, as well as the perception of fairness that strengthens the relationship between incentive subjectivity and knowledge sharing behavior. The findings of this study extend the research of managerial accounting particularly on performance, incentive subjectivity, perception of fairness, and knowledge sharing behavior. This study extends previous studies by incorporating the perceptions of fairness variable as a moderating variable and influencing performance as a dependent variable. Key Words: incentive subjectivity, perception of fairness, knowledge sharing behavior, performance.

Kata Kunci : subjektivitas insentif, persepsi keadilan, perilaku berbagi pengetahuan, kinerja, incentive subjectivity, perception of fairness, knowledge sharing behavior, performance.

  1. S2-2017-387356-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387356-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387356-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387356-title.pdf