Laporkan Masalah

EVALUASI PEMEREKAN PARIWISATA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

ANUGRAH GUSTA PRIMA, Bayu Sutikno,S.E.,M.S.M.,Ph.D;Dr.John Suprihanto,M.I.M

2017 | Tesis | S2 Kajian Pariwisata

Pemerekan pariwisata merupakan salah satu cara meningkatkan daya saing pariwisata. Melalui identitas yang unik, daerah mendapatkan peluang untuk mengembangkan wilayah, baik dari segi perekonomian maupun pariwisata. Sejak tahun 2010, pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mengeluarkan kebijakan berupa logo Lovely Babel dan slogan Come & Explore Bangka Belitung. Logo dan slogan ini dibuat dengan tujuan pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lebih mudah dikenal dan diingat oleh wisatawan. Pada pelaksanaannya, logo dan slogan tersebut terdapat inkonsistensi dalam hal bentuk dan fungsi. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemerekan tersebut dalam mendukung perkembangan kepariwisataan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peneliti menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi pemerekan pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Fokus penelitian ini adalah evaluasi pemerekan pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari identifikasi program yang telah dilaksanakan, kendala dalam pelaksanaan pemerekan pariwisata dan penyempurnaan program untuk dilaksanakan pada program selanjutnya. Penulis melakukan penentuan sumber data dengan cara purposive dan menggunakan data primer dan sekunder untuk menganalisis pemerekan pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Data primer diperoleh dari hasil observasi terhadap pelaksanaan pemerekan tersebut dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dalam proses implementasi pemerekan. Sedangkan data sekunder dapat berupa data dari riset lain, opini ahli, jurnal, artikel, berita koran, dokumen- dokumen dari buku, literatur, maupun internet. Dalam menganalisis Lovely Babel dan slogan Come & Explore Bangka Belitung peneliti mengadaptasi teori Penciptaan Identitas Merek dan Pengelolaan Merek dari Kotler dan Lee (2007). Pemerekan Lovely Babel dan Come & Explore Bangka Belitung tidak maksimal. Tidak melalui proses kajian ilmiah dan bukan ditujukan untuk pemerekan pariwisata serta kurangnya pengetahuan tentang pemerekan pariwisata membuat pandangan dan sikap terhadap kedua merek tersebut menjadi salah kaprah. Dari semua tahapan yang seharusnya ditaati, Lovely Babel dan Come & Explore Bangka Belitung hanya melakukan 1 langkah saja yaitu Interaksi Merek dengan Masyarakat atau Wisatawan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa merek pariwisata Kepulauan Bangka Belitung harus segera diperbaiki dari awal dan mengikuti langkah-langkah yang seharusnya dilakukan agar dapat mewakili pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pilihan kedua, apabila diperlukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengganti Lovely Babel dan Come & Explore Bangka Belitung dengan merek yang baru.

Tourism branding is one of ways to increase tourism competitiveness. Through unique identity, a certain region has opportunities for further development either in terms of economic or tourism development. Since 2010, government of Bangka Belitung Islands Province has issued a branding logo of Lovely Babel and tag line of Come & Explore Bangka Belitung. These logo and tag line are created in order for the province to be more recognized by tourists. In its implementation, however, there is inconsistent use and forms of these two branding tools. This research, therefore, is aimed at implementation of this branding in supporting tourism development in Bangka Belitung Islands Province. Researcher utilizes descriptive analytical methods and qualitative approach, which aims at describing the existing condition of tourism branding at Province of Bangka Belitung Islands. The focus of this research is to evaluate the branding of Bangka Belitung Islands Province, which consecutively consists of identification of programs that have been implemented, obstacles in the implementation of tourism branding, and improvement of the program in the future. Researchers have determined the source of data purposively and using both primary data and secondary data in order to analyze the problems, which are related to tourism branding at Province of Bangka Belitung Islands. Primary data in this research is obtained from observations on the implementation of branding and interviews towards respondents involved in the implementation process of tourism branding in the Province of Bangka Belitung Islands. Meanwhile, secondary data are derived from other researches, expert opinion, journal, articles, newspaper news, literature, and the Internet. In analyzing Lovely Babel and Come & Explore Bangka Belitung slogans, the researcher has adapted the theory of Brand Identity Creation and Brand Management established by Kotler and Lee (2007). The branding of Lovely Babel and Come & Explore Bangka Belitung have not yet been proved to be maximum. They are not designed through a scientific process and even not intended for branding of tourism since there is also lack of knowledge about tourism attractiveness which has made the views and attitudes toward both brands to be misguided. Of all the stages that should strictly be followed in the creation of the branding of Lovely Babel and Come & Explore Bangka Belitung only one step that has been made, namely the Brand Interaction with the Community or the Tourist. The result of this research concludes that the branding of Bangka Belitung Islands province tourism should be amended from the beginning following the steps that should be done, in order to represent the tourism of Bangka Belitung Islands Province. The second option is, if necessary, the Office of Culture and Tourism should replace Lovely Babel and Come & Explore Bangka Belitung another new brand

Kata Kunci : Come & Explore Bangka Belitung, Lovely Babel, pemerekan pariwisata, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.