ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KORPORAT STUDI PADA PT A

Penulis

Mohammad Noor Syahriel

Pembimbing: Rangga Almahendra ST, MBA, PhD


ABSTRACT: In conducting its businesses management of PT A has taken decisions to improve the profitability and sustainability, in accordance with the objective to increase the value for its shareholders. In general, this case study would like to try to answer some of the problems related to the implementation of the strategy of related diversification and unrelated diversification in PT A during the period of year 1981 to 2008. The study results showed that both strategies, related diversification and unrelated diversification which is applied to the PT A had showed no improvement on the company's financial performance significantly. In terms of corporate advantage, it earned more benefit to the parent company as a whole business entity, rather than been able to provide a competitive advantage for the business units. The author suggests to PT A to be more careful in taking its strategic policiesy, moreover, to be applied on the long-term.

INTISARI: Dalam menjalankan bisnisnya manajemen PT A telah mengambil keputusan-keputusan untuk meningkatkan profitabilitas serta sustainabilitasnya, sesuai dengan tujuannya untuk meningkatkan nilai bagi para pemegang sahamnya. Secara umum studi kasus ini ingin mencoba menjawab beberapa permasalahan terkait penerapan strategi related diversification maupun unrelated diversification pada PT A selama periode tahun 1981 sampai dengan 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik strategi related diversification maupun unrelated diversification yang diterapkan pada PT A tidak menunjukkan perbaikan disisi kinerja keuangan perusahaan secara signifikan. Dari sisi keunggulan korporat yang diperoleh lebih banyak memberikan manfaat bagi perusahaan secara keseluruhan, namun belum dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi unit bisnis yang dinaunginya secara lebih besar. Penulis menyarankan kepada PT A agar lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang bersifat strategik, terlebih lagi yang akan diterapkan untuk jangka panjang.

Kata kunci Diversifikasi, related diversification, unrelated diversification, corporate advantage, parenting fit, analisa strategi, value chain analysis, key success factors
Program Studi S2 MANAJEMEN UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2016
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali