SISTEM KERJA DAN PERAWATAN FINAL DRIVE TRAVEL DEVICE HYDRAULIC EXCAVATOR KOMATSU PC 200-8

Penulis

Muhammad Ridwan

Pembimbing: Surojo, S.T.,M.Eng.


ABSTRACT: Hydraulic excavator has become one of the most important support tools in construction industries. During the construction proscess, the undercarriage parts especially the final drive travel device is working continuously while the excavator traveling. it will certainly cause problems that can not be avoided. However, problems that occur can be minimized with preventive measures and treatment. The existence of preventive measures and treatments can be expected to facilitate the mechanics for doing preventive measures and treatment final drive travel devicecomponent. The method whish used in this report is the understanding of literature. The data obtained were taken from the literature that refers to the understanding of the problem. Then, was observationmethod. This method was taken by collecting data directly from the field when doing industrial practices. The last method was discussion method, by asking questions about the problems that often occur inthe field with employees who are experts in the field. A common problem in the final drive travel device such as external leak, contamination and gear damage can be minimized with preventive measures and treatments, starting from the selection of the proper oil, preventive maintenance, and operation of the unit with the right way. If the preventive measures and treatments done well, certainly make the trouble for the component will be decrease and minimize.

INTISARI: Hydraulic excavator menjadi salah satu alat pendukung penting suatu pekerjaan di dunia konstruksi. Ketika proses pengerjaan berlangsung, bagian undercarriage, khususnya pada final drive travel device bekerja terus menerus selama proses untuk traveling. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah yang tidak dapat dihindari. Namun, masalah yang terjadi dapat diminimalisir dengan tindakan pencegahan dan perawatan. Adanya langkah-langkah pencegahan dan perawatan diharapkan dapat mempermudah mekanik dalam melakukan pencegahan sebelum terjadinya kerusakanpada komponen final drive travel device tersebut. Metode yang digunakan dalam laporan ini adalah pemahaman literatur. Data yang diperoleh diambil dari pemahaman literatur yang mengacu pada masalah. Selanjutnya, metode observasi. Metode ini dilakukan dengan mengamati langsung dan mengambil data langsung dari lapangan, pengambilan data dilakukan ketika melakukan praktek kerja lapangan. Metode terakhir adalah diskusi, dengan mengajukan pertanyaan tentang masalah-masalah yang sering terjadi di lapangan pada karawan yang berpengalaman di bidangnya. Masalah umum dalam final drive travel device seperti kebocoran eksternal, kontaminasi dan kerusakan roda gigi dapat diminimalkan dengan tindakan pencegahan dan perawatan, mulai dari pemilihan oli yang tepat, preventive maintenance, dan pengoperasian unit dengan cara yang benar. Jika langkah-langkah pencegahan dan perawatan dilakukan dengan baik, tentu kerusakan pada komponen akan dapat dikurangi dan diminimalisir.

Kata kunci Alat berat, Perawatan, Final drive
Program Studi D4 TEKNIK PENGELOLAAN DAN PERAWATAN ALAT BERAT UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Tugas Akhir
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2017
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali