Laporkan Masalah

PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP BEHAVIOUR INTENTION NASABAH PRODUK ON ACCOUNT XL (STUDI PADA PT BANK CIMB NIAGA TBK)

BUDI DWI SEPTIANTO, Agus Setiawan, Drs., M.Soc.Sc., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Bank CIMB Niaga Tbk. merupakan bank hasil merger antara Bank Niaga dengan Lippo Bank pada tahun 2008. Dalam kurun waktu 5 tahun, PT. Bank CIMB Niaga Tbk. berhasil menjadi top 5 bank terbesar di Indonesia dengan menawarkan berbagai produk dan servis perbankan kepada nasabah. PT. Bank CIMB Niaga Tbk. menyadari bahwa segmen nasabah usia muda (Gen Y) memiliki potensi bisnis yang sangat besar di Indonesia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Roy Morgan Research Jakarta (2014), penduduk kategori Gen Y di Indonesia sebanyak 39,2 juta jiwa dan 70% dari mereka sudah memiliki pekerjaan. Demirguc-Kunt and Klapper (2012) juga mengatakan bahwa tidak lebih dari 20% penduduk Indonesia usia muda yang memiliki rekening tabungan di bank. Selain itu, pola hidup Gen Y yang konsumtif didukung oleh kemudahan akses internet di Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada hasil survei APJII pada tahun 2014 menunjukkan bahwa sekitar 49% pengguna internet berusia 18-25 tahun. Oleh karena itu, PT. Bank CIMB Niaga Tbk. meluncurkan produk On Account XL, yang merupakan hasil co-branding antara produk On Account dengan kartu seluler XL, di bulan Mei 2015 agar PT. Bank CIMB Niaga dapat memperoleh potensi bisnis pada segmen nasabah usia muda (Gen Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif strategi co- branding yang dilakukan oleh PT. Bank CIMB Niaga Tbk. untuk menarik minat nasabah dalam menggunakan produk perbankan. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan mengadopsi Technology Acceptance Model (TAM) untuk melihat pengaruh dari beberapa faktor observasi terhadap minat nasabah untuk memiliki dan menggunakan On Account XL. Faktor-faktor observasi yang akan diamati antara lain perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived value. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data primer yang dihasilkan dari penyebaran kuesioner kepada pengguna dan calon pengguna On Account XL. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi linier berganda dan menghasilkan bahwa perceived value merupakan faktor utama yang signifikan dalam mendorong minat nasabah untuk menggunakan On Account XL. Perceived ease of use dan perceive usefulness kurang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah untuk menggunakan On Account XL.

PT. Bank CIMB Niaga Tbk. Is a merged bank between Bank Niaga and Lippo Bank in 2008. Within 5 years, PT. Bank CIMB Niaga Tbk. Managed to become the top 5 largest banks in Indonesia by offering various products and banking services to customers. PT. Bank CIMB Niaga Tbk. aware that the young customer segment (Gen Y) has a huge business potential in Indonesia. Based on the data held by Roy Morgan Research Jakarta (2014), Gen Y population category in Indonesia as many as 39.2 million people and 70% of them already have jobs. Demirguc-Kunt and Klapper (2012) also said that not more than 20% of young Indonesians have savings accounts in banks. In addition, the consumptive lifestyle of Gen Y supported by the ease of internet access in Indonesia. This can be seen in the results of APJII survey in 2014 showed that approximately 49% of Internet users aged between 18-25 years. Therefore, PT. Bank CIMB Niaga Tbk. launched On Account XL product, which the result of co-branding between On Account products with XL service provider in May 2015 with purpose PT. Bank CIMB Niaga could gain business potential in the segment of young age customers (Gen Y). This study aims to find out how effective co-branding strategy conducted by PT Bank CIMB Niaga Tbk to attract customers to use banking products. The approach taken had engaged Technology Acceptance Model (TAM) to see the influence of several factors observation of customers' interest to own and use the On Account XL. Observational factors to be observed include perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived value. This research was conducted by processing the primary data generated from distributing questionnaires to On Account XL customers and potential customers. The hypothesis was tested using multiple linear regression and resulted that perceived value was a significant main factor in encouraging customers' interest to use On Account XL. Perceived ease of use and perceive usefulness have less significant effect on customers' interest to use On Account XL.

Kata Kunci : TAM, Perceived Value, Perceived ease of use, Perceive usefulness