Laporkan Masalah

Analisis Profitabilitas Customer Berdasarkan Pendekatan Time-Driven Activity-Based Costing: Studi Kasus pada Wisma MM UGM

NILAM KEMALA ODANG, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA.

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

Persaingan yang semakin ketat menyebabkan pihak manajerial membutuhkan informasi yang akurat mengenai struktur biaya dan profitabilitas customer. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu pihak manajerial dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perhitungan kos tradisional dengan penghitungan kos yang menggunakan pendekatan time-driven activity-based costing (TDABC) serta menganalisis profitabilitas customer dengan pendekatan TDABC. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan Wisma MM UGM sebagai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan kos dengan pendekatan kos tradisional tidak menghasilkan informasi yang detail, sedangkan hasil perhitungan kos dengan pendekatan TDABC memberikan informasi yang transparan mengenai biaya yang dikonsumsi dan laba yang diperoleh untuk setiap segmen customer. Hal tersebut dapat membantu pihak manajerial untuk menganalisis profitabilitas customer dan melakukan upaya-upaya agar setiap segmen customer tetap loyal dan menguntungkan. Selain itu, terdapat kapasitas yang tidak digunakan cukup besar yang baru diketahui ketika perhitungan kos dengan pendekatan TDABC dilakukan.

Management needs accurate information about cost structure and customer profitability since business competition is getting more competitive. The information should help the management in decision making process. The objectives of this research are to compare the cost calculation between traditional costing using a time-driven activity-based costing (TDABC) approach and to analyze customer profitability using the TDABC. This research applied a qualitative method with a case study approach and the research object is Wisma MM UGM. The result of this research indicates that the cost calculation using traditional costing does not provide detail information; conversely the cost calculation using the TDABC approach provides transparent information about the cost consumption and the generated profits for each customer segment. This should help the management to analyze its customer profitability and make efforts to keep each customer segment loyal and profitable. In addition, it has been found out that there is a quite big number of unused capacities found when the cost calculation using the TDABC is done.

Kata Kunci : kos tradisional, penghitungan kos, profitabilitas customer, TDABC, pengambilan keputusan

  1. S2-2017-387043-abstract.pdf  
  2. S2-2017-387043-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-387043-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-387043-title.pdf