Laporkan Masalah

THE ROLE OF INTENSITY, CREDIBILITY, HOMOPHILOUS SOURCE AND NEGATIVE VALENCE ON EWOM IN THE COURSE OF INTENTION TO PURCHASE COSMETIC PRODUCTS ON INSTAGRAM

PUTRI AMANDHARI, Basu Swastha Dharmesta, Prof. Dr., M.B.A.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Ulasan atau komentar online adalah salah satu alat paling signifikan yang dapat membantu konsumen untuk memperoleh informasi yang bebas dari konteks komersil berbasis sudut pandang subjektif dari konsumen. Asumsi dari efektivitas dalam ulasan online terkait pada niat untuk membeli yang didasari oleh kualitas dari electronic Word-of-Mouth yang konsumen persepsikan. Penelitian ini berfokus pada konsumen wanita di tahap pra-pembelian produk kecantikan dan kosmetik dalam ulasan dan komentar online yang ada di Instagram. Bagaimana peran dari intensitas pada pesan, kredibilitas yang dirasa, kesamaan dengan sumber, dan valensi negatif pada ulasan online akan di eksplor sebagai fokus utama penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Indonesia yang mengambil sampel 210 responden wanita berusia 20 sampai 30 tahun, menggunakan kuesioner online sebagai instrumen penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Konsumen akan diminta untuk menganalisis bagaimana perilaku pra-pembelian mereka dalam mengumpulkan informasi dari instagram sebelum membangun niat membeli kosmetik dan produk kecantikan. Penelitan ini menemukan bahwa efek dari electronic Word-of-Mouth seperti dalam intensitas, kredibilitas dan valensi negatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli konsumen. Semakin intens aktivitas konsumen dalam menerima informasi, semakin kredibel sumbernya dan semakin banyak valensi negatif di dalam ulasan online yang konsumen baca, berpengaruh pada niat membeli produk kecantikan dan kosmetik di online shop yang ada di Instagram. Meski demikian, kesamaan dengan sumber dianggap menjadi faktor yang tidak signifikan dalam pada niat membeli konsumen. Selain itu, hubungan moderasi antara efek eWOM (intensitas, kredibilitas yang dirasa, kesamaan sumber dan valensi negatif) pada norma subjektif menunjukan pengaruh signifikan pada niat untuk membeli. Hal ini berarti bahwa opini orang lain adalah penting dalam semua level yang ada di efek eWOM, yang kemudian mampu memperkuat niat konsumen untuk membeli kosmetik dan produk kecantikan di online shop yang ada di Instagram.

Online reviews or comments are one of the most significant tools that could help consumer in gaining information from the non-commercial-context based on the consumer subjective point of view. The assumption of online review effectiveness related to purchase intention in Social Networking Site (SNS) is driven by the quality of eWOM or electronic Word-of-Mouth that consumer perceived. This research focused on female consumer related to their pre-purchase behavior especially on beauty products and cosmetics in the online comments or reviews on the online shop in Instagram. How the role of intensity of the messages, perceived credibility, homophilous source, and negative valence of the online reviews would be explored as the main focus on this research. This research is conducted in Indonesia, involving 210 female respondents aged 20 until 30 years old using online questionnaire as the research instruments with purposive sampling as sampling method. Afterwards, the consumers will be asked to analyze their pre-purchase behavior in gaining information through Instagram before elaborating their intention to purchase any cosmetics and beauty products. The research found that electronic Word-of-Mouth effect as in intensity, credibility, and negative valence on the Instagram comments has significant influence on consumer intention to purchase. The more intense consumer’s activity in receiving the information, the more credible source and the more negative valence that consumer perceived on the online comments affect their intention to purchase beauty and cosmetics products on online shop in Instagram. However, homophilous source is considered to be insignificant factor on consumer intention to purchase. In addition, interaction of moderation relationship between eWOM-Effect (intensity, credibility, homophilous source, negative valence) and subjective norms shows a significant influence on the intention to purchase. It means that other’s opinions matter in any levels on eWOM-Effect that strengthen consumer intention to purchase cosmetics and beauty products on the online shop in Instagram.

Kata Kunci : Electronic Word-of-Mouth, eWOM, Ulasan Online, Komen, Kosmetik, Produk Kecantikan, Instagram, Niat Pembelian, Intensitas, Kredibilitas, Kesamaan Sumber, Norma Subjektif./Electronic Word-of-Mouth, eWOM, Online Review, Comments, Cosmetics, Beauty Products,