Laporkan Masalah

KUNCI BERPRESTASI: STUDI KASUS PERAN KEKUATAN KARAKTER (CHARACTER STRENGTH) PADA MAHASISWA BERPRESTASI UNIVERSITAS GADJAH MADA

NURUL AISYA BERYLLIA, Kwartarini Wahyu Yuniarti, Prof., M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog

2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kekuatan karakter dalam pencapaian prestasi pada Mahasiswa Berprestasi Universitas Gadjah Mada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 40 orang Mahasiswa Berprestasi dari jenjang Sarjana Strata 1 dan Diploma III di Universitas Gadjah Mada yang berasal dari berbagai fakultas yang berbeda yang diminta untuk mengisi kuesioner pertanyaan terbuka, diikuti dengan wawancara yang mendalam terhadap 3 orang diantaranya mengenai kekuatan karakter yang berperan dalam pencapaian prestasi di bidang kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif tematik diikuti dengan teknik pembuatan penjelasan untuk melihat pola dari penemuan. Hasil analisis menunjukkan 17 kekuatan karakter yang berperan dalam pencapaian prestasi berupa harapan, humor, kebersyukuran, integritas, keberanian, kecerdasan sosial, kecintaan untuk belajar, kegigihan, kehati-hatian, keingintahuan, kepemimpinan, kewarganegaraan, kreativitas, perspektif, regulasi diri, spiritualitas, dan vitalitas. Di antara 17 kekuatan karakter tersebut, terdapat 4 kekuatan karakter (humor, kebersyukuran, kecerdasan sosial, dan kreativitas melalui diskusi bersama untuk mendapatkan ide) yang menjadi temuan unik dalam penelitian ini karena melibatkan orang lain, termasuk interaksi sosial dalam usaha mencapai prestasi. Ketujuh belas kekuatan karakter tersebut juga menunjukkan peran dalam mencapai prestasi pada Mahasiswa Berprestasi dengan saling berkaitan antara satu dengan yang lain maupun bekerja sendiri dalam satu alur proses pencapaian prestasi.

The purpose of this study is to understand character strengths contribution toward achievements in The Most Outstanding Students in Universitas Gadjah Mada. This research used qualitative inquiry with the case study method. Participants in this study consisted of 40 the most outstanding undergraduate and diploma students in the university that came from different faculties. Participants were asked to fill open-ended questionnaires, followed by in-depth interviews with 3 students among them about their personal character strengths that contribute to their achievements in curricular, cocurricular, and extracurricular area. Then the data were analyzed using thematic qualitative analysis followed by explanation building technique to uncover patterns of the finding. The results showed there were 17 character strengths that contribute in achievements consisted of hope, humor, gratitude, integrity, bravery, social intelligence, love of learning, persistence, prudence, curiosity, leadership, citizenship, creativity, perspective, self-regulation, spirituality, and vitality. Among those 17 character strengths, there were 4 character strengths (humor, gratitude, social intelligence, and creativity through brainstorming to get the idea) that became the unique findings in this research because those character strengths involved other people, including social interaction in order to achieve achievements. Those 17 character strengths also contributed toward achievements in The Most Outstanding Students through working together among them or alone in one process flow to achieve the achievements.

Kata Kunci : kekuatan karakter, prestasi, Mahasiswa Berprestasi, studi kasus

  1. S1-2016-311675-abstract.pdf  
  2. S1-2016-311675-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-311675-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-311675-title.pdf