Adaptasi Kerangka Kerja Technology Roadmapping Dalam Pemodelan Sistem Akreditasi Program Studi Berbasis Website

Penulis

Titien Suhartini S

Pembimbing: Dr. Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc ; Dr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, CA, Ak.


ABSTRACT: Study Program Accreditation is an assessment based on the National Standards for Higher Education (SNPT) to ensure the quality of higher education in the Study Program at any universities in Indonesia. Accreditation Process organized by the National Accreditation Board of Higher Education (BAN-PT) and involves assessors, as assessors and Study Program. During this time, the process is still done manually, and cause problems, such as difficulty in obtaining the right to be assigned assessors that cause ratings borang study program to be delayed and accumulate, due to poor file management, common forms that have been assessed, re-enter the queue assessment. This study provides a model design information systems that can help automate the process of accreditation. The information system is designed with a web-based system, so it can be easier for users to access the system. By adapting the framework Technology roadmapping, modeling systems are designed based on the business strategy, vision, mission and goals of the organization, considering the needs of users and phasing modeling by outlining the three layers namely, Business / Market, Product / Services and Technology within an appropriate time frame. Results from this study is a model of web-based study program accreditation system, along with the roadmap, which could be used as a reference for improving the process of accreditation of study program. This system will be used by assessors, staffs of BAN-PT, Assembly and Study Program. Utilization of web technology in this information system will be able to resolve the existing problems in the accreditation process and provide convenience to the parties in charge of running the accreditation process.

INTISARI: Akreditasi Program Studi merupakan kegiatan penilaian berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) untuk menjamin mutu pendidikan tinggi pada Program Studi di setiap Perguruan Tinggi di Indonesia. Proses Akreditasi diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan melibatkan Asesor sebagai penilai dan Program Studi. Selama ini proses tersebut masih dilakukan secara manual, dan menimbulkan permasalahan, seperti, kesulitan mendapatkan Asesor yang tepat untuk ditugaskan yang menyebabkan penilaian borang Program Studi menjadi tertunda dan menumpuk, manajemen berkas borang yang buruk menyebabkan seringnya borang yang telah dinilai kembali masuk ke dalam daftar antrian penilaian. Penelitian ini memberikan rancangan model sistem informasi yang dapat membantu otomatisasi proses Akreditasi. Sistem informasi yang dirancang berbasis website, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mengakses sistem. Mengadaptasi kerangka kerja Technology Roadmapping, sehingga pemodelan sistem dirancang berdasarkan strategi bisnis, visi, misi dan tujuan organisasi, kebutuhan pengguna dan pentahapan pemodelan dengan menguraikan tiga lapisan yaitu, Business/Market, Product/Services dan Technology dalam kerangka waktu (timeframe) yang jelas. Penelitian ini menghasilkan model sistem akreditasi Program Studi berbasis website dengan Roadmap yang dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan proses pelaksanaan akreditasi Program Studi. Sistem ini nantinya akan digunakan oleh Asesor, Staff BAN-PT, Majelis dan Program Studi. Pemanfaatan teknologi web pada sistem informasi ini akan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada proses akreditasi dan memberikan kemudahan bagi pelaku akreditasi dalam melaksanakan tugasnya.

Kata kunci Technology Roadmapping, pemodelan sistem, akreditasi program studi
Program Studi S2 Teknik Elektro UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Tesis
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2016
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali