Laporkan Masalah

IDENTIFIKASI SISTEM PENGENDALIAN DOKUMEN BERBASIS ISO 9001:2008 PADA PRODUKSI GULA PASIR DI PT MADUBARU PG MADUKISMO

SAFITRI ANGGRAENI, Ratih Hardiyanti, Novita Erma Kristanti

2016 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI SV

Mutu merupakan suatu citra yang sangat didambakan oleh setiap industri dalam memberikan jasa kepada pelanggan. Manajemen mutu dilakukan dengan ISO 9000 yang merupakan bagian dari standar ISO. PT. Madubaru PG. Madukismo sebagai suatu perusahaan yang bergerak dibidang agroindustri telah mendapatkan sertifikat manajemen mutu berbasis ISO 9001:2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian dokumen berbasis ISO 9001:2008 pada klausul 4 di PT. Madubaru PG. Madukismo untuk produksi gula pasir, mengetahui kuantifikasi kepatuhan klausul 4 pada ISO 9001:2008, dan mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah penerapan sistem pengendalian dokumen berbasis ISO 9001:2008 di PT. Madubaru PG. Madukismo untuk produksi gula pasir. Data ISO 9001:2008 diperoleh dari buku-buku, data, laporan, atau referensi lain yang berkaitan dengan manajemen mutu dengan ISO 9000 dan ISO 9001:2008. Pengolahan data dengan daftar periksa kepatuhan pada seri ISO 9000, melakukan kajian 3 (tiga) elemen ISO 9001:2008 berdasarkan 4 (empat) jenjang (level) klasifikasi dokumen ISO 9001:2008, melakukan kuantifikasi hasil daftar periksa kepatuhan pada seri ISO 9000, dan mengidentifikasi sebelum dan setelah penerapan ISO 9001:2008 di PT. Madubaru PG. Madukismo. Penerapan sistem manajemen mutu di PT. Madubaru PG. Madukismo didasarkan standar ISO 9001:2008 pada klausul 4 namun tidak termasuk desain dan pengembangan. Hasil yang didapatkan dari penilaian menggunakan daftar periksa kepatuhan pada seri ISO 9000 pada klausul 4 yaitu OK 81,40 %; NI 0%, NC 2,32%; dan NA 16,28%. Setelah penerapan ISO 9001:2008 di PT. Madubaru PG. Madukismo sistem manajemen lebih tertata, terkontrolnya pekerjaan di setiap bagian, meningkatnya kepuasan pelanggan, hubungan dengan pelanggan, dan penurunan keluhan pelanggan. Sebaiknya perusahaan menyusun instruksi kerja, mengadakan evaluasi keefektifan penerapan ISO 9001:2008, menerapkan elemen kontrol desain untuk kemasan gula pasir, mempersiapkan pembaharuan penerapan ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015.

Quality is something imagery for all industry in giving service on costumer. Quality management performed with ISO 9000 which is part of standard ISO. PT. Madubaru PG. Madukismo as of part Company engaged in agro industry has been committed to moved management quality and sertificated based on ISO 9001:2008. The purpose of this research is to know the system of control of document based ISO 9000 on clause 4 in PT. Madubaru PG. Madukismo on the process of sugar production, to know the quantification of this discipline of clause 4 on ISO 9001:2008, to know differences before and after the application of the control system of document based on ISO 9001:2008 in PT. Madubaru PG. Madukismo on the process of sugar production. Data ISO 9001:2008 obtained from books, data, report or other references related to quality management on ISO 9000 and ISO 9001:2008. Data processing with checklist compliance with the ISO 9000 series conducting 3 studies of element ISO 9001:2008 based on 4 stapes (levels) of document clarification ISO 9001:2008, conducting quantification of the list of result of discipline checklist on 9000 series, and conducting identification before and after the application of ISO 9001:2008 in PT. Madubaru PG. Madukismo. The system application of quality management in PT. Madubaru PG. Madukismo based on the standard of clause 4 on ISO 9001:2008 however, it does not belong to the design and development. The result which is found from evaluation which uses the list of result of the discipline checklist of clause 4 on ISO 9000 series are OK 81,40 %; NI 0 %; NC 2,32%; and NA 16,28 %. After the application ISO 9001:2008 PT. Madubaru PG. Madukismo, the system of management is more arranged, the job of every division is monitored, the increase of customers’, relation with costomers’, and decrease of customers’ complain. Its good if PT. Madubaru PG. Madukismo arranges job instruction, hold evaluation of the effectiveness the application of ISO 9001:2008, applies the element of design control for packaging the sugar, makes ready the innovation of application for ISO 9001:2008 become ISO 9001:2015.

Kata Kunci : Pengendalian dokumen, ISO 9001:2008, Klausul 4

  1. D3-2016-350874-abstract.pdf  
  2. D3-2016-350874-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-350874-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-350874-title.pdf