Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PORTFOLIO BISNIS (STUDI PADA PT. XYZ)

FITRI DHITA PERMANA, Dr. Fahmy Radhi, MBA,

2013 | Tesis | S2 Manajemen

digitalisasi informasi yang lebih mobile sehingga mendorong PT. XYZ ikut aktif memenuhi kebutuhan yang kini menjadi tren bisnis tersebut. PT. XYZ juga dituntut oleh grup induknya untuk menjalankan bisnis yang serupa dalam lingkup Telecommunication, Information, Media, dan Edutainment (TIME). Hal ini mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi diversifikasi. Pada penerapannya, strategi ini terdiversifikasi secara luas sehingga perusahaan belum cukup matang untuk menjalankan bisnis tersebut dan pencapaian revenue dinilai belum maksimal. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisa efektivitas strategi diversifikasi untuk merumuskan strategi diversifikasi yang tepat bagi PT. XYZ dalam menghadapi persaingan ke depan. Data yang diperoleh terdiri dari data primer yang bersumber dari wawancara dengan beberapa tim manajemen PT. XYZ dan data sekunder yang berasal dari data laporan keuangan, data operasional dan data penjualan tahun 2008 sampai dengan 2012. Data tersebut kemudian digunakan untuk melakukan analisa SWOT sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan dalam menghadapi ancaman dan peluang, analisa BCG Matriks untuk mengetahui posisi perusahaan di industrinya, analisa GE/Mc.Kinsey Matriks untuk mengetahui posisi masing-masing portofolio bisnis terhadap daya tarik pasarnya, serta analisa value chain untuk mengevaluasi posisi perusahaan pada rantai nilai (pasokan, pemain lain di bisnis serupa, dan distributor) masing-masing portofolio bisnisnya. Berdasarkan analisa yang dilakukan, penerapan strategi diversifikasi di PT. XYZ dinilai belum cukup efektif karena kurang berhasil menerapkan strategi diferensiasi layanan Direktori Online, strategi diversifikasi horizontal maupun strategi diversifikasi un-related yang berupa penawaran layanan Data Analytic, Advertising Solution dan Printing belum dapat diterima pelanggan dengan baik. Strategi diversifikasi yang direkomendasikan adalah strategi diversifikasi related berupa penguatan bisnis inti melalui pengembangan inovasi bisnis, optimalisasi customer base, penggarapan bisnis baru melalui akuisisi, kemitraan ataupun pendirian perusahaan baru, serta bersinergi dengan Telkom Group melalui pengembangan produk dengan menggunakan infrastruktur Telkom Group maupun mengakuisisi market Telkom Group melalui penawaran produk pada saluran distribusi yang dimilikinya. Strategi yang juga direkomendasikan adalah strategi diversifikasi konsentris seperti melakukan restrukturisasi agar perusahaan fokus mengembangkan masing-masing portofolionya pada dua sektor bisnis utama yaitu sektor Business Process Outsourcing/Knowledge Process Outsourcing yang terdiri dari portofolio Customer Relationship Management, HR Services, Operation Services, Data Analytics, serta sektor Media yang terdiri dari Direktori & Advertising, Digital Rich Content dan Printing & Publishing.

The dynamics of today's global business shows a radical change to the digitization of information in which more mobile so encouraging PT. XYZ actively meet the needs of this trend business. PT. XYZ also required by its parenting group to run a similar business within the scope of Telecommunication, Information, Media, and Edutainment (TIME). This encourages companies to implement diversification strategies. In practice, this strategy is widely diversified so that the company has not mature enough to run the business and the revenue achievement is not maximized. The main objective of this study was to evaluate and analyze the effectiveness of diversification strategy to formulate appropriate diversification strategies for PT. XYZ in the face of competition ahead. The data obtained consist of primary data sourced from in-depth interviews with some management team PT. XYZ and secondary data derived from financial statement data, operational data and sales data from 2008 until 2012. The data then used to perform a SWOT analysis to know the strengths and weaknesses of the company in the face of threats and opportunities, BCG matrix analysis to determine the company's position in its industry, GE/Mc.Kinsey matrix analysis to determine the position of each business portfolio against the market attractiveness, and value chain analysis to evaluate the company's position in the value chain (supply, other players in similar businesses, and distributors) of each business portfolio. Based on the analysis, the implementation of the diversification strategy in PT. XYZ considered not sufficiently effective because less successfully implement the differentiation strategy of Online Directory service, horizontal diversification strategy and unrelated diversification strategy such as Data Analytic services, Advertising Solution and Printing has not been well accepted by customers. Recommended diversification strategy is a related diversification strategy such as strengthening the core business through the development of business innovation, optimization of the customer base, expanding new business through acquisitions, partnerships or build new companies, and synergize with the Telkom Group through product development by using Telkom Group infrastructure and acquired Telkom Group market through offering products on its distribution channel. Other recommended strategy is a concentric diversification strategy such as restructure the company in order to focus on developing their each portfolio at two key business sectors that is the Business Process Outsourcing/ Knowledge Process Outsourcing portfolio consisting of Customer Relationship Management, HR Services, Operation Services, Data Analytics, and Media sector consisting of Directory & Advertising, Digital Rich Content, Printing and Publishing.

Kata Kunci : Digitalisasi informasi, rumusan strategi diversifikasi, strategi diversifikasi related, strategi diversifikasi konsentris, restrukturisasi


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.