Laporkan Masalah

Orientasi Tujuan Penguasaan dan Dukungan Orangtua sebagai Prediktor Efikasi Diri dalam Pemilihan KArir

SERI ERLITA, Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U.

2015 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah orientasi tujuan penguasaan dan dukungan orangtua dapat memprediksi efikasi diri dalam pemilihan karir. penelitian ini akan menggambarkan efikasi diri dalam pemilihan karir yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI yang terdiri atas 9 kelas, yaitu 6 kelas IPA dan 3 kelas IPS. Dalam penelitian ini jumlah anggota sampel sebanyak 155 siswa (61% dari populasi). Sampling yang dipilih adalah dengan cara simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Skala efikasi diri dalam pemilihan karir, skala orientasi tujuan penguasaan dan skala dukungan orangtua sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi tujuan penguasaan dan dukungan orangtua secara bersama-sama dapat memprediksi efikasi diri dalam pemilihan karir siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua variabel prediktor (Orientasi Tujuan Penguasaan dan Dukungan Orangtua) berkolerasi positif dengan variabel kriterium (Efikasi Diri dalam Pemilihan Karir) ditunjukkan dengan F=37,881 dan p<0,01. Berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh bahwa kedua variabel prediktor secara bersama-sama mampu menjelaskan atau memberikan kontribusi sebesar 0,333 (33,3%). Namun, analisis untuk masing-masing variabel menunjukkan bahwa korelasi antara hubungan dukungan orangtua dengan efikasi diri dalam pemilihan karir tidak signifikan. Kata kunci: Efikasi diri dalam pemilihan karir, orientasi tujuan penguasaan, dan dukungan orangtua.

The purpose of this research were to determine whether the mastery goal orientation and parental support can predict career decision-making self efficacy. This research described career decision-making self-efficacy students of SMA Negeri 6 Yogyakarta. The population in this research were 11th grade high school students of SMAN 6 Yogyakarta consisting of nine classes, which were 6 science classes and 3 social classes. The participants were 155 students (61% of the population) and sampling was selected by simple random sampling. The method used in this research is quantitative method. Career decision-making self-efficacy scale, mastery goal orientation scale and parental support scale as a measuring tool in this research. The results of research showed that both mastery goal orientation and parental support can predict career decision-making self-efficacy in the 11th grade students of SMA Negeri 6 Yogyakarta. The analysis showed that the predictor variables (mastery goal orientation and parental support) positively correlated with the criterion variable (career decision-making self-efficacy) indicated by the value F = 37,881 and p<0,01. Based on the result of regression analysis showed that both predictor variables were able to explain or give a contribution of 0.333 (33.3%). However, the analysis for each of the variables showed that the correlation between parental support relationship with career decision-making self-efficacy was not significant.

Kata Kunci : Career Decision-Making Self-Efficacy, Mastery Goal Orientation, Parental-Support

  1. S2-2015-342864-abstract.pdf  
  2. S2-2015-342864-bibliography.pdf  
  3. S2-2015-342864-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2015-342864-title.pdf