Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN SISTEM PENILAIAN KINERJA RUMAH SAKIT DR. SUYOTO BERBASIS

AGUNG HARIJADI WS, Abdul Halim, Prof., Dr., MBA., Ak., CA.,

2016 | Tesis | S2 Akuntansi

Rumah Sakit dr. Suyoto merupakan sebuah instansi sektor publik yang berada di bawah Pusrehab Kemhan yang bergerak di bidang kesehatan. Rumah Sakit dr. Suyoto didirikan sebagai sebuah instansi dibawah Pusat Rehabilitasi yang hanya melayani personel Kementerian Pertahanan dan anggota keluarga. Munculnya kewajiban untuk ikut serta dalam partisipasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengharuskan Rumah Sakit dr. Suyoto untuk melayani seluruh lapisan masyarakat. Pelaksanaan program ini memberikan tantangan untuk meningkatkan pelayanan dan akuntabilitas dari rumah sakit. Dengan adanya tuntutan yang lebih untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas dari publik, maka diperlukan sebuah mekanisme pengukuran kinerja yang lebih baik untuk dapat menanggapi tantangan yang muncul akibat dari pemberlaksanaan program JKN. Sistem penilaian kinerja yang saat ini dijalankan oleh manajemen Rumah Sakit dr. Suyoto menggunakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Publik (SAKIP). Dalam menerapkan SAKIP, manajemen rumah sakit kurang bisa menilai kinerja aspek non-keuangan organisasi. Studi penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus. Sistem SAKIP yang dijalankan oleh Rumah Sakit dr. Suyoto dibahas berdasarkan pertahun dan dilihat sejumlah kekurangan yang memerlukan perbaikan. Hasil analisa dalam penelitian ini ditujukan untuk mengembangan dan merancang sebuah sistem penilaian kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard. Masukan yang disimpulkan di dalam penelitian ini diharapkan menjadi masukan berharga untuk manajemen.

The dr. Suyoto Hospital is a public sector organization that operates in the field health services under of the Rehabilitation Centre of the Ministry of Defence. The hospital was built for providing health assistance for personnels of the Ministry of Defence and their family members. The obligation for the hospital to provide health services to the public was first triggered by the Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) program. The implementation of the program brings various challenges to increase the quality services and accountability of the hospital. With the increase of demand to elevate the performance and accountability of the hospital from the public, there has to be a new performance evaluation system that enables to help manajemen respond accordingly with the coming challenges. The current performance evaluation system that is being conducted by the management of the dr. Suyoto Hospital is a system brought by the government named Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Publik (SAKIP). Using the SAKIP performance evaluation system, management couldn�t measure much of the non-financial aspects of the organization. This is a research was undergone with a case study approach. The SAKIP performance evaluation system that are being carried by management along with it�s weaknesses will be assessed and examined through out this research. The result of the analysis of the research will be used as a reference to develop and design a new performance evaluation system based on the concept of the Balanced Scorecard that is suitable for the dr. Suyoto Hospital. The recommendation that has been concluded by the research will hopefully be a valuable input to management.

Kata Kunci : Sistem Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard, Sektor Publik