Laporkan Masalah

PERAN PEMUDA DALAM PENDAMPINGAN MAHASISWA DIFABEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN PRIBADI PEMUDA (Studi di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

ABD MU'ID ARIS SHOFA, Dr. Bagus Riyono, MA; Dr. Sri Rum Giyarsih, S.Si, M.Si

2016 | Tesis | S2 Ketahanan Nasional

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemuda, dan implikasi terhadap ketahanan pribadi pemuda dalam pendampingan mahasiswa difabel di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga peneliti mendapatkan data dari informan kunci (key informan). Prosedur teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu 1) reduksi data, 2) display data, 3) mengambil kesimpulan. Objek dalam penelitian ini adalah para pemuda yang menjadi pendamping bagi mahasiswa difabel di Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dari penelitian ini diketahui, peran pemuda dalam pendampingan mahasiswa difabel di PLD UIN Sunan Kalijaga mempunyai dampak positif terhadap ketahanan pribadi pemuda. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sikap rasa percaya diri yang bertambah, berpegang pada prinsip, memiliki rasa tanggung jawab, mendambakan kebersamaan, dan memiliki jiwa kreatif.

ABSTRACT The researched aims to determined how the role of youth, and the implications for personal resilience in assisting students with disabilities at the Center For Disability Service (PLD) UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. The method was used by the researcher in this research was descriptive qualitative method. Data collection techniques used three techniques, that are in-depth interviews, observation and documentation. The sampling technique used purposive sampling, so that researcher got the data from key informants (key informant). The procedure of data analysis techniques in this research, namely 1) the reduction of data, 2) data display, 3) conclusions. The object of this research was the youth who becomes a companion for students with disabilities at the Center for Disability Services (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. From this research note, the role of youth in mentoring students with disabilities in the PLD UIN Sunan Kalijaga had a positive impact on the personal resilience of youth. This was shown by the attitude of self-confidence increased, adhering to the principle, had a sense of responsibility, crave togetherness, and a creative spirit.

Kata Kunci : Kata kunci: Peran Pemuda, Pendampingan Mahasiswa Difabel, Ketahanan Pribadi Pemuda.

  1. S2-2016-370998-abstract.pdf  
  2. S2-2016-370998-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-370998-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-370998-title.pdf