Laporkan Masalah

ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF PT. SHARP ELECTRONICS INDONESIA DALAM INDUSTRI ELEKTRONIK DI INDONESIA

MARDALENA, Wakhid Slamet Ciptono, M.B.A., MPM, Ph.D

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan kompetitif PT. Sharp Electronics Indonesia dalam industri elektronik di Indonesia. Metode analisis secara kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan menggunakan The Building Blocks of Competitive Advantage meliputi superior quality, superior efficiency, superior innovation, dan superior customer responsiveness, relevansinya dimasa yang akan datang diidentifikasikan dengan VUCA dan mengetahui bentuk persaingan pasar dengan ukuran konsentrasi pasar dengan Index Herfindahl-Hirschman (HHI) dan keunggulan kompetitifnya melalui VRIO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Sharp Electronics Indonesia mempunyai keunggulan kompetitif pada sumberdaya yaitu kemudahan dalam memperoleh bahan baku, dan kapabilitas yaitu tersebarnya kantor cabang hampir di semua wilayah di Indonesia, dimana keduanya tersebut menjadi kekuatan bersaing yang berkesinambungan untuk mejadi perusahaan yang jarang dan tidak mudah ditiru oleh kompetitornya.

The purpose of this research is to analyzes competitive advantage of PT. Sharp Electronics Indonesia in electronic industry at Indonesia. Quantitative analysis method used on this research with The Building Blocks of Competitive Advantage, consist of superior quality, superior efficiency, superior innovation, and superior customer responsiveness, identification relevancy in the future with VUCA World and to know in market competitive used concentration market use Index Herfindahl-Hirschman (HHI) and competitive advantage use VRIO. The results showed that PT. Sharp Electronics Indonesia has a competitive advantage on the resources of ease of obtaining raw materials, and capabilities that the spread of branches in almost all regions in Indonesia, where both of them into sustainable competitive strength for the company becoming rare and not easily imitated by competitors.

Kata Kunci : The Building Blocks of Competitive Advantage, superior quality, superior efficiency, superior innovation, superior customer responsiveness, VUCA World, concentration market, HHI, VRIO