Laporkan Masalah

Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Motivasi Belajar Siswa SMA di Yogyakarta

R MAHENDRA WIJAYA S, Aisah Indati, Dra., M.S., Psikolog

2016 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 146 subjek. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar siswa SMA. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala Likert yaitu, Skala Kecerdasan Emosi dan Skala Motivasi Belajar. Reliabilitas Skala Kecerdasan Emosi adalah 0,843 dan reliabilitas Skala Motivasi Belajar adalah 0,899. Reliabilitas Skala Kecerdasan Emosi dan Skala Motivasi Belajar diperoleh dengan menggunakan teknik Alpha Chronbach. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson dan diperoleh nilai korelasi positif sebesar 0,416 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar pada siswa SMA, begitu pula sebaliknya.

This study was conducted to determine the positive relationship between emotional intelligence with students motivation of learning on Senior High School. In this study, the participants were students class XI on Senior High School. Participants in this study were 146 subject. The hypothesis on this study there was a significant positive relationship between emotional intelligence with students motivation of learning on Senior High School. The data on this study was obtained by using Likert scales for Emotional Intelligence Scale and Motivation of Learning Scale. Reliability of the emotional intelligence scale was 0.843 and reliability of the motivation of learning scale was 0.899. Reliability of the Emotional Intelligence and Motivation of Learning scale was obtained through the Chronbach Alpha. The data in this study was analyzed by using Pearson correlation and it was found that the correlation value was 0.416 with a significant value 0.000 (p < 0.05). Findings showed that there was significant positive relationship between emotional intelligence with students motivation of learning on Senior High School.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Motivasi Belajar

  1. S1-2016-334568-abstract.pdf  
  2. S1-2016-334568-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-334568-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-334568-title.pdf