Laporkan Masalah

Pengaruh Aktivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Facebook pada Customer Engagement dan Brand Loyalty Produk XL dan Telkomsel (Studi Komparatif pasa Perusahaan Telekomunikasi XL dan Telkomsel)

FORTUNA FEBI FAJRI, Ike Janita Dewi, Dr., M.B.A

2016 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Aktivitas pemasaran melalui media sosial menjadi suatu yang penting pada era digital yang semakin berkembang. Perusahaan dapat menjangkau, berinteraksi dan memberikan informasi kepada pelanggannya dengan cepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi aktivitas komunikasi pemasaran melalui media sosial pada customer engagement dan brand loyalty untuk brand XL dan Telkomsel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Dalam penelitian, sampel terdiri dari 155 responden. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dan sederhana dengan menggunakan aplikasi software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas komunikasi pemasaran melalui media sosial dengan menggunakan strategi komunikasi, kolaborasi dan hiburan pada customer engagement untuk brand XL. Pada brand Telkomsel, aktivitas komunikasi pemasaran melalui sosial media yang mempengaruhi customer engagement terdapat pada variabel kolaborasi dan hiburan. Sedangkan aktivitas komunikasi pemasaran melalui media sosial dengan menggunakan strategi edukasi tidak mempengaruhi customer engagement untuk brand XL. Untuk brand Telkomsel variabel yang tidak mempengaruhi customer engagement terdapat pada variabel komunikasi dan edukasi. Terdapat perbedaan hasil antara brand XL dan Telkomsel pada pengaruh customer engagement terhadap brand loyalty. Pada produk XL, customer engagement yang tercipta dari aktivitas media sosialnya tidak dapat mempengaruhi brand loyalty untuk brand XL. Sedangkan untuk brand Telkomsel, customer engagement yang tercipta dari aktivitas komunikasi pemasaran melalui media sosialnya dapat mempengaruhi brand loyaty pada brand Telkomsel.

Marketing communication activity through social media has became one of the important thing in this digital era. Company can reach, interact, and deliver information to their customer faster than before. Therefore, this study aimed to determine the effect of communication marketing strategy through social media on customer engagement and brand loyalty for XL and Telkomsel. Data collection in this study using a questionnaire with a non-probability sampling techniques using purposive sampling. In this study, sample consist of 155 respondents and the data analyzed by using a multiple linear regression and simple linear regression method with software application SPSS 20.0. As the results show that there is an impact in marketing communication strategy through social media using communication, collaboration and entertainment strategy on customer engagement for XL brand. For Telkomsel brand the result show that only collaboration and entertainment variables that can impact on customer engagement. While the marketing communication strategy through social media using education was not impacting on customer engagement for XL brand. For Telkomsel, communication and education strategy was not impacting on customer engagement through their social media activity. There is a differences between XL and Telkomsel results in hypothesis 5, the result shows that customer engagement that have build from marketing communication strategy through social media was not impact on brand loyalty for XL brand. While there is an impact between customer engagement on brand loyalty for Telkomsel brand.

Kata Kunci : XL, Telkomsel, Social Media, Communication, Collaboration, Education, Entertainment, Customer Engagement, Brand Loyalty.