Laporkan Masalah

Kepuasan Wisatawan di Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk

REZA ADI PRASETIA L, Kaharuddin, S.Hut., M. Si

2016 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Kepuasan wisatawan merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelola suatu obyek wisata. Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu obyek wisata yang dikelola oleh masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk dan mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan dengan karakteristik wisatawan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2015 dengan alat ukur berupa kuesioner. Pemberian kuesioner dilakukan secara random kepada 100 responden. Jumlah responden ditentukan menggunakan metode Slovin. Selain itu, dilengkapi pula dengan pengambilan data sekunder dengan melakukan observasi dokumen yang terkait.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung, analisis tingkat kesesuaian untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan wisatawan dan kinerja pengelola, serta Importance Performance Analysis (IPA)untuk mengetahui prioritas sebagai acuan strategi pengelolaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI total memiliki nilai di atas 50% yaitu 87,58% yang berarti wisatawan yang berkunjung telah puas berkunjung. Tingkat kesesuaian antara harapan wisatawan dan kinerja pengelola rata-rata yaitu sebesar 100,11%.Nilai rata-rata tingkat kesesuaian diatas 100% menunjukkan kinerja pengelola telah mampu melampaui harapan dari wsaitawan yang berkunjung. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa masing-masing karakter wisatawan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda.

Tourist satisfaction is indicator of successfull touris management. Sri Gethuk Waterfall is a community basede tourism. This research aimed for knowing the satisfaction index of the visitor and the relations between satisfaction and visitors characteristics. This study was conducted in September 2015 and questionnaires to gather the data. The questionnaires is given randomly to 100 visitor. The 100 visitor is determined using Slovin Method. Secondary data was gathered with observation method. The analysis instrument used in this research are Customer Satisfaction Index (CSI) to determine the satisfaction index Gap Analysis is used to know the suitability index between customers expectation and managements perfomance and Importance Performance Analysis (IPA) to determine the managements priority. The result shows the Customer Satisfaction Index is 87,58 in percentage, which is mean that the visitor is satisfied by the managements performance. Gap Analysis shows that suitability index between customers satisfaction and managements performance is 100,11 in percentage, this index indicates the manangements performance is better than customers satisfaction. This research shows that different characteristics makes different satisfaction index.

Kata Kunci : Analisis kepuasan, wisatawan, dan Obyek Wisata Air Terjun Sri Gethuk