Laporkan Masalah

PROFILE OF LANGUAGE DEVELOPMENT IN EXCLUSIVELY BREASTFED CHILDREN AGED 7 TO 36 MONTHS IN YOGYAKARTA

MOHAMAD SHAHRUL AFAHAM, AWANG MAT, dr. S. Yudha Patria, Sp.A(K), PhD; Dwi Susilawati, MA, Psikolog

2016 | Skripsi | S1 PENDIDIKAN DOKTER

Latar Belakang: Pemberian ASI eksklusif masih tidak mencakupi dengan baik di Indonesia . Cakupan bayi ASI eksklusif di Indonesia adalah 42% pada tahun 2012. Sementara, di provinsi DI Yogyakarta, persentasenya 67,9% pada tahun 2013. Pemberian ASI eksklusif sangat penting dalam perkembangan anak baik perkembangan motorik kasar atau halus, ucapan dan keterampilan sosial serta kemandirian anak. Bayi yang mendapatkan asupan ASI eksklusif sampai usia 4-6 bulan jarang mengalami keterlambatan atau gangguan pada motor dan perkembangan bahasa. Kemampuan berbicara dan berbahasa merupakan indikator perkembangan seluruh anak, karena dapat mempengaruhi perkembangan anak di masa depan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi status perkembangan bahasa pada anak-anak ASI eksklusif berusia 7-36 bulan karena masalah ini tidak sangat terkenal oleh masyarakat dan tidak ada data lengkap mengenai status perkembangan bahasa pada anak-anak ASI eksklusif di Indonesia. Tujuan: Untuk menilai status perkembangan bahasa pada anak-anak yang menerima ASI eksklusif. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan rencana studi cross-sectional melalui pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur untuk orang tua atau pengasuh sebagai instrumen pengumpulan data utama. Hasil: 90% subjek memiliki status pengembangan bahasa yang baik, sementara 10% sujects memiliki status pengembangan bahasa yang buruk. Kesimpulan: Kesimpulannya, anak-anak berusia 7-36 bulan yang menerima ASI eksklusif memiliki status perkembangan bahasa yang baik. Status perkembangan bahasa menjadi baik sesuai bertambahnya usia anak- anak. Pengeluaran bulanan yang mencerminkan status sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh banyak untuk status perkembangan bahasa pada anak-anak. Semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, semakin banyak anak yang memiliki status perkembangan bahsa yang baik. Berat badan lahir dan usia kehamilan tidak berpengaruh banyak terhadap status perkembangan bahasa pada anak-anak.

Background: Exclusive breastfeeding is still not performing well in Indonesia. The coverage of infants exclusively breastfed in Indonesia is 42% in 2012. While, in province of DI Yogyakarta, the percentage is 67.9% in 2013. Exclusive breastfeeding is very important in a child's development both gross and fine motor development, speech and social skills as well as the child's independence. Intake in infants who received breast milk exclusively until 4-6 months of age rarely experience delays or disruptions in motor and language development. Speech and language skills is an indicator of the development of the whole child, because can affect a child's development in the future. Hence, this study is conducted to explore the language development status in exclusively breastfed children aged 7-36 months due to this problem not very well known by the people and no complete data about language development status in exclusively breastfed children in Indonesia. Aim: To assess language development status in children who received exclusive breastfeeding. Method: The design of this study is a descriptive research, with cross-sectional study plan through quantitative approach. Data collection for this study was conducted using semi-structured interviews to the parents of caregiver as the main data gathering instrument. Results: 90% subjects have good language development status, while 10% subjects have poor language development status. Conclusion: In conclusion, the children aged 7-36 months who received exclusive breastfeeding have good language development status. The language development status become good as the age of the children increase.The monthly expenditure which reflect socioeconomic status of the family does not affect much to the language development status of the children.The higher the level of parent's education, more children have good language development status. The birth weight and gestational age do not affect to the language development status of the children.

Kata Kunci : ASI eksklusif, bahasa, perkembangan, Vineland Adaptive Behavior Scale (VABS-II), Exclusive breastfeeding, language, development, Vineland Adaptive behavior Scale-II (VABS-II)

  1. S1-2016-340716-abstract.pdf  
  2. S1-2016-340716-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-340716-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-340716-title.pdf