Laporkan Masalah

PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN HARGA JUAL PADA UMKM CHOCO OH COKLAT (COC) CABANG SAMIRONO

PURI RAHAYU, Siti Muslihah, SE., M.sc.

2016 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI SV

UMKM Choco Oh Coklat (COC) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner yang memproduksi olahan dari bubuk coklat sebagai bahan baku utama. UMKM Choco Oh Coklat (COC) memproduksi apabila ada pesanan dari pelanggan. Penelitian ini akan membahas tentang penentuan harga pokok produksi yang tepat dan akurat yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan penjualan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer berupa data yang diperoleh melalui wawancara dengan pemilik UMKM Choco Oh Coklat (COC) serta pekerja pada Outlet Samirono. Data sekunder berupa data yang berasal dari buku-buku dan literatur. Pengumpulan harga pokok produksi menggunakan metode job order costing, Penentuan harga pokok produksi menggunakan metode full costing. Penentuan harga jual produk menggunakan metode cost plus pricing. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa harga pokok produksi produk es coklat original Rp 4.547,87; es coklat susu Rp 4.882,93; es coklat cincau Rp 4.192,95; es coklat klasik Rp 4.817,97; es coklat keju Rp 5.360,97; es coklat oreo Rp 5.855,99; es kopi coklat Rp 4.001,99. Penentuan harga jual menggunakan metode cost plus pricing dengan mark-up yang diinginkan perusahaan sebesar 50% menghasilkan harga jual produk es coklat original Rp 6.950,37; es coklat susu Rp 7.452,97; es coklat cincau Rp 6.418,00; es coklat klasik Rp 7.355,52; es coklat keju Rp 8.170,03; es coklat oreo Rp 8.912,55; es kopi coklat Rp 6.131,56.

SMEs Choco Oh Coklat (COC) is a company engaged in producing culinary preparations of cocoa powder as the main raw material. SMEs Choco Oh Coklat (COC) produced when there is an order from a customer. This study addressed pricing precise production precisely and accurately used as a material consideration in decisions relating to product sales activities. This study used descriptive qualitative research. Primary data is data obtained through interviews with SME owners Oh Choco Brown (COC) as well as workers at the Outlet Samirono. Secondary data derived from books and literature. Collection of the cost of production used job order costing method, determination of cost of production using the full costing method. Determining the selling price of products using cost plus pricing method. Based on this research shows that the cost production of iced chocolate original Rp 4.547,87; ice milk chocolate Rp 4.882,93; ice brown grass jelly Rp 4.192,95; iced chocolate classic Rp 4.817,97; iced chocolate cheese Rp 5.360,97; iced chocolate oreo Rp 5,855,99; iced chocolate coffee Rp 4,001,99. Determining the selling price using cost plus pricing method with a mark-up company wants 50% resulted in the selling price of ice chocolate original Rp 6.950,37; ice milk chocolate Rp 7.452,97; ice brown grass jelly Rp 6.418,00; iced chocolate classic Rp 7.355,52; iced chocolate cheese Rp 8.170,03, oreo ice chocolate Rp 8.912,55; iced chocolate coffee Rp 6,131,56.

Kata Kunci : Manufaktur, Harga Pokok Produksi, Harga Jual

  1. D3-2016-344943-abstract.pdf  
  2. D3-2016-344943-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-344943-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2016-344943-title.pdf