Laporkan Masalah

Analisis loyalitas pemakai internet (Netter) terhadap merek Detikcom dalam katagori internet portal berita Indonesia

SARDONO, Puguh Wahyu, Dr. Basu Swastha Dharmmesta, MBA

2002 | Tesis | Magister Manajemen

Detikcom telah dikenal sebagai sebuah situs internet pertama yang menyajikan berita terkini tak tergantung waktu (breaking news) dan terbaik di Indonesia hingga kini. Dalam Survei Internet Branding 2000-SWA dan MarkPlus&Co, kesadaran merek (brand awareness) pemakai internet (netter) di Indonesia mendudukkan Detikcom pada peringkat keempat setelah Yahoo!, Hotmail, dan Kompas Cyber Media. Penelitian ini akan mengungkapkan ada atau tidaknya loyalitas netter terhadap merek Detikcom yang telah mempunyai tingkat kesadaran merek tertinggi (top of mind) kedua setelah Kompas Cyber Media dalam kategori internet portal berita Survey Internet Branding 2000. Fokus penelitian ini adalah pada analisis loyalitas netter terhadap situs internet portal berita Detikcom. Loyalitas tersebut menunjukkan kecenderungan netter untuk mengakses merek Detikcom dengan tingkat konsistensi yang tinggi. Dengan memperkirakan bahwa loyalitas netter menjadi loyal lebih dulu pada aspek kognitif, kemudian aspek afektif, dan akhirnya aspek konatif, maka analisis loyalitas dapat dilakukan terhadap integrasi hubungan antar tahapan-tahapan loyalitas tersebut dalam membentuk keteguhan merek pilihan netter terhadap Detikcom Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk memperoleh data primer dengan teknik judgement sampling sebanyak 150 responden mahasiswa di Yogyakarta yang pemah mengakses Detikcom. Dalam menguji hipotesis digunakan Simple Linear Regression dan Correlation. Hasil analisis menunjukkan bahwa tahapan loyalitas kognitif signifikan mempengaqhi tahapan loyalitas afektif, tahapan loyalitas afektif signifikan mempengaruhi tahapan loyalitas konatif, dan tahapan loyalitas konatif signifikan mempengaruhi tindakan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap tahapan loyalitas telah ditempuh oleh netter. Pada tahapan loyalitas konatif dan tindakan, korelasi diperoleh pada tingkat sedang, sedangkan lainnya pada tingkat kuat. Dengan tidak adanya konsistensi hubungan antar tahapan loyalitas tersebut maka belum terdapat loyalitas netter terhadap merek internet portal berita Detikcom

Detikcom has been known well as the first and the best internet homepage which deliver breaking news in Indonesia. In the Internet Branding Survey 2000- SWA and Mark Plus Co, netters brand awareness in Indonesia rank Detikcom in the fourth rank after Yahoo!, Hotmail, and Kompas Cyber Media. The research will show whether there are netters Detikcom brand loyalty or not that has second brand awareness of the top of mind after Kompas Cyber Media in the news portal internet category in 2000 Branding Internet Survey. The research focus on the netter loyalty analysis to the Detikcom news portal internet. The loyalty shows that the netters tent to access Detikcom brand in the height consistency. Considering the netters loyalty become more loyal to cognitive aspect first, affective aspect, and finally connative aspect, than the loyalty analysis could be done on relationship integration among those parts of loyalty. The research uses questionnaires as the way to collect primary data; the judgment sampling techtuque is 150 colleges as respondent in Yogyakarta who have accessed Detikcom. Hypothesis Test use simple linier and correlation. The analysis reports significance cognitive loyalty influences affective loyalty, significance loyalty influences connative loyalty, significance connative loyalty influences action. In this case every loyalty has been used by the netters. In the action and connative loyalty, the correlation being got in the medium level, and the others at the strength levels. Because of the inconsistencies of those loyalties so there are not netters loyalty to the Detikcom news portal internet brand.

Kata Kunci : Konsumen, Loyalitas Netter, Detik Com, brand loyalty, cognitive, yfective, connative new portal internet.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.