Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BANK X PADA PRODUK DAN LAYANAN TREASURY

HARINDRA ARIOBOWO, Dr. Eko Suwardi, M.Sc., Ak., CA.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Dewasa ini banyak bank di Indonesia yang gencar memberikan pelayanan dan menawarkan produk treasury kepada nasabahnya. Secara umum produk dan layanan treasury yang ada di bank terkait dengan valuta asing, obligasi, maupun produk derivatif. Banyaknya bank yang menawarkan produk treasury mendorong persaingan di industri perbankan dalam bisnis treasury sangat ketat. Bank X merupakan salah satu bank tertua yang ada di Indonesia yang saat ini juga gencar menawarkan produk treasury kepada nasabahnya. Pada tahun 2014, volume transaksi dan pendapatan Bank X dari produk dan layanan treasury mengalami penurunan serta tidak berhasil mencapai target yang ditetapkan. Hal ini terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung disebabkan karena adanya persaingan yang ketat di bisnis treasury. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan faktor sukses kunci yang berpengaruh terhadap produk dan layanan treasury, mengidentifikasi faktor internal, sumber daya serta kapabilitas yang dimiliki oleh Bank X yang menjadi keunggulan bersaing Bank X pada produk dan layanan treasury dan pada akhirnya memformulasikan strategi Bank X untuk menghadapi persaingan pada produk dan layanan treasury. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dengan wawancara, observasi lapangan, dan diskusi dengan pihak internal dari treasury. Sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa laporan statistik perbankan yang diterbitkan oleh BI dan data atau laporan tahunan bank pesaing. Data tersebut dianalisis menggunakan model analisa five forces, analisa PESTEL analisa rantai nilai, analisa sumber daya dan kapabilitas, VRIN dan SWOT sehingga dapat di formulasikan strategi yang dapat diterapkan oleh Bank X untuk produk dan layanan treasury. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat beberapa faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dengan pengaruh yang kuat sedang, hingga lemah. Faktor sukses kunci untuk produk dan layanan treasury antara lain pricing yang kompetitif, saluran distribusi yang luas, produk yang bervariasi, reputasi bank, sumber daya manusia, dan teknologi. Keunggulan bersaing berkelanjutan yang dimiliki oleh Bank X adalah reputasi sebagai bank yang sehat dan memiliki prinsip kehati-hatian dan dukungan penuh dari pemegang saham mayoritas Bank Y. Strategi generic yang direkomendasikan untuk Bank X dalam produk dan layanan treasury adalah a focused differentiation strategy.

Recently, there are so many Indonesian banks that unceasingly provide services and offer treasury products to their customers. In general, the treasury products and services being offered cannot be away from foreign currency, bond, and even derivative products. Lot of banks that offer treasury products boost fierce competition among banking industry in treasury business. X Bank is one of the oldest banks in Indonesia, which now, also offers treasury products so often to its customers. In 2014, the transaction volume and income of X Bank experienced such fall as it failed to achieve the predetermined target. This issue was caused, either immediately or not, by such fierce war in the treasury business. This research was devoted to identify the external factors and key success factors that affect treasury products and services, identify the internal factors, resources and capability owned by X Bank to be translated into its competitive advantages for X Bank on treasury products and services and at last, to formulate best suited strategy to be adopted by X Bank to deal with the competitions on treasury products and services. This study involved primary and secondary data. Primary data was obtained directly by the means of interview, field observation and discussion with the internal party (es) in treasury division. While secondary data was generated from several banking statistical reports issued by BI and from competitors’ data and annual reports. The data then being analyzed by using five forces analysis model, PESTEL analysis, value chain analysis, resources and capability analysis, VRIN and SWOT, therefore such strategic formulation may be drawn up to be implemented by X Bank for its treasury products and services. The analysis result concludes that there are several external factors bring together the opportunities and threats with strong, moderate to weak impacts. Key success factors for treasury products and service entail chiefly such competitive pricing, broad distribution channel, wide range products, bank reputation, human resources and technology. X Bank has kind of sustainable competitive advantage consisting of bank’s fit reputation and prudent banking principle and full support from Y Bank as the majority shareholders. Generic strategy to be recommended to X Bank for its treasury products and services is focused differentiation strategy.

Kata Kunci : Produk Treasury, Five Forces, PESTEL, Rantai Nilai, Sumber Daya dan Kapabilitas, VRIN, Strategi Generic