Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARU PROMOSI, KUALITAS YANG DIPERSEPSIKAN DAN LOYALITAS MEREK PADA NIAT PEMBELIAN ULANG PRODUK PANASONIC

DWI HARNADI, Basu Swastha Dharmmesta, Prof.Dr., M.B.A

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Selain faktor perekonomian Indonesia saat ini yang sedang melambat, serta persaingan yang begitu ketat, Jumlah merek produk elektronik yang begitu banyak serta terjadinya inovasi teknologi yang sangat cepat mendorong industri ini sarat dengan kompetisi. Sehingga berbagai merek elektronik berusaha meningkatkan pembelian ulang konsumen. Kecenderungan untuk meningkatkan pembelian ulang konsumen antara lain dapat dipengaruhi oleh promosi, kualitas yang dipersepsikan dan loyalitas merek. Penelitian ini menganalisis niat pembelian ulang produk Panasonic. Dalam penelitian ini ada 3 variabel bebas yaitu: promosi, kualitas yang dipersepsikan dan loyalitas merek, terhadap 1 variabel terikat yaitu niat pembelian ulang. Panasonic merupakan merek produk elektronik sangat lengkap yang memproduksi berbagai macam produk, sehingga ingin diteliti para pelanggannya dalam melakukan pembelian ulang produk Panasonic. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen dari pelanggan Panasonic dengan ukuran sampel 170 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode judgement sampling dengan menyebarkan kuesioner sebagai data primer. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif: distribusi frekuensi serta analisis statistik parametik: korelasi, koefisien determinasi, regresi, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi, kualitas yang dipersepsikan, dan loyalitas merek berpengaruh positif baik secara parsial maupun simultan pada niat pembelian ulang. Dan variabel yang paling besar pengaruhnya adalah kualitas yang dipersepsikan.

In addition to the Indonesia's economy is slowing, and the competition is so tight, Total brand electronic products are so many and the very rapid technological innovations that drive the industry is loaded with competition. So that various electronic brands seeking to improve consumer repeat purchase. The tendency to increase consumer repeat purchase among others, can be influenced by the campaign, perceived quality and brand loyalty. This research analyzed the intention of re-purchase Panasonic products. In this study, there are three independent variables, namely: promotion, perceived quality and brand loyalty, to one dependent variable is the intention of repurchasing. Panasonic is a very complete electronic product brand which manufactures a wide range of products, so that customers want to study the re-purchase of Panasonic products. Respondents in this study are consumers of Panasonic customers with a sample size of 170 respondents. The sampling method in this research using judgment sampling by distributing questionnaires as primary data. The data in this study using descriptive statistical analysis: frequency distribution and parametric statistical analysis: correlation, coefficient of determination, regression, t test and F test results showed that the campaign variables, perceived quality, and brand loyalty positive effect both partially or simultaneously on repeat purchase intention. And the variables that most influence is perceived quality.

Kata Kunci : promotion, perceived quality, brand loyalty, repeat purchase intention.