Laporkan Masalah

INTENTION TO SHOP ONLINE: A CASE OF BBM USER

ARYO HENDARTO, Bayu Sutikno, MSM, PhD

2016 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

INTISARI Pengguna internet saat ini tidak hanya menggunakan internet sebagai media berjaringan, tetapi juga menggunakannya sebagai alat transaksi. Survey terakhir yang dilakukan oleh Nielsen Global Online Survey menunjukkan bahwa 36% pengguna internet di dunia pernah menggunakan media online untuk membeli pakaian, aksesoris, dan sepatu (Suki et al., 2008). Saat ini ketika era modern dipenuhi dengan teknologi seperti telepon pintar, konsumen mulai menggunakan telepon pintar yang dalam penelitan kali ini megngunakan Blackberry sebagai medua untuk membantunya berbelanja secara online. Penelitian ini telah dilakukan dengan suatu survey terhadap 170 respondent yang pernah membeli produk fesyen melalui Blackberry. Hasil peneltian ini menjelaskan bahwa sebagian besar dari mereka menggunakan Blackberry untuk hiburan dan berbelanja online. Penelitian ini juga menjelaskan sikap terhadap belanja online. Norma subyektif dan persepsi kontrol perilaku mempengaruhi secara positif maksud konsumen untuk berbelanja online.

ABSTRACT Internet user nowadays not just uses for a networking media, but also use as a transaction tools/media. Based on the latest survey did by Nielsen Global Online Survey shows that 36% of internet user di the world ever use online media for buy a cloth, accessories, and shoes (Suki et al., 2008). Nowadays while the modern era are fulfilled by the technology such as smartphone, consumer start to use the smartphone which in this present study use Blackberry as the media for help them to go shopping online. This present study had been done a survey for 170 respondents who ever buy the fashion product through Blackberry. The result of this present study explained that most of them are using Blackberry to do entertainment and online shopping, this present study also explained that Attitude Toward Online shopping, Subjective Norms and Perceived Behavioral Control were positively affect the Intention of the consumer to shop online.

Kata Kunci : berbelanja online, berbelanja online dengan Blackberry, teori perilaku yang direncanakan, orientasi belanja